Perkembangan Bayi 5 Bulan

Tumbuh Kembang : Perkembangan Bayi 5 Bulan

Bulan kelima adalah masa transisi untuk bayi. Tahap ini akan ditandai dengan perkembangan motoriknya yang berupa bersiap untuk merangkak. Ibu juga bisa berharap si kecil bisa berbicara dengan lebih jelas. Pada artikel perkembangan bayi 5 bulan ini, Ibu akan mengetahui bagaimana perkembangan si kecil dari sisi motorik, komunikasi, sosial dan juga kognitif. Selain itu, Ibu bisa memahami bagaimana perilaku bayi 5 bulan serta pola tidur bayi 5 bulan.

Perkembangan Bayi 5 Bulan : Motorik

Bayi 5 bulan biasanya sudah bisa duduk tegak untuk jangka waktu yang lebih lama. Bayi mungkin masih perlu diberi sandaran berupa bantal atau tembok di belakang punggungnya, tetapi pada umur ini, dia juga mungkin bisa duduk tanpa sandaran/dukungan selama beberapa detik sekaligus.

Untuk membantu bayi duduk, posisikan kedua kakinya agar membentuk hurup V.  Ini membantu keseimbangannya saat duduk dan mengurangi risiko terjatuh. Begitu dia berada dalam posisi ini, ada baiknya meletakkan mainan di depannya untuk dimainkan. Ibu juga bisa mengelilinginya dengan bantal untuk melindungi tubuhnya jika dia jatuh.

Beberapa bayi 5 bulan juga sudah mulai berguling dari posisi telentang ke telungkup. Nah, begitu si kecil mulai berguling, Ibu mungkin akan melihat dia sibuk dengan kaki serta menggoyang-goyangkannya. Dia bersiap-siap untuk merangkak dan itu akan terjadi beberapa bulan lagi. Tapi ingat, saat bayi bisa berguling, pastikan untuk tidak pernah meninggalkannya di tempat tidur atau permukaan tinggi lainnya karena dia bisa tanpa sengaja berguling dan akhirnya terluka atau jatuh.

Selain itu, perkembangan bayi 5 bulan dari segi motorik lain adalah, cengkeraman bayi akan semakin kuat. Bayi sudah bisa menarik benda lebih dekat, mengangkatnya ke telapak tangannya lalu menggerakkan benda-benda itu dengan cerdas dari satu tangan ke tangan lainnya. Dia bahkan mungkin bisa memegang botol atau cangkir sippy sendiri.

Ketika dia belajar bahwa mainan bisa menghasilkan suara, dia akan memindahkannya lagi dan bahkan memukulnya dengan benda lain. Eksperimen bayi Ibu akan menjadi lebih berantakan karena dia sekarang akan menjatuhkan apapun ke tanah hanya untuk mengeksplorasi hasilnya.

Baca juga : Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan Bayi 5 Bulan: Indera  

Kemampuan melihat bayi 5 bulan terus membaik. Pada titik ini, bayi masih tidak memiliki penglihatan 20/20, tapi mereka dapat melihat dengan baik pada jarak yang berbeda dan mata mereka dapat fokus bersama tanpa menyilang. Pada usia lima bulan, persepsi warna bayi juga telah dipertajam sampai pada titik di mana ia dapat membedakan antara dua warna dengan warna yang sama. Tapi bayi pada usia ini masih lebih memilih warna primer seperti merah, biru, dan kuning.

Sekarang bayi juga sudah bisa melihat benda-benda kecil seperti burung di tanah.

Pada tahap ini, penglihatannya cukup berkembang untuk mengikuti sesuatu yang kecil dan bergerak cepat, jadi dia sudah bisa melihat kupu-kupu yang terbang di kebun. Bayi  mungkin juga bisa mengenali boneka teddy atau mainannya setelah melihat hanya sebagian saja.

Bayi juga mulai berminat untuk menonton objek dan orang di sekelilingnya yang memikat hatinya. Apabila dia mendapat rasa refleksi, dia akan tersenyum dan tertawa melihat imejnya di cermin

Selain itu, ada alasan bagus mengapa bayi usia ini terus-menerus memasukkan barang ke mulut mereka. Mulut bayi memiliki ujung saraf lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya, jadi mereka akan merasa bahwa memasukkan barang ke mulut adalah cara yang tepat untuk mengetahui rasa barang tersebut. Ibu bisa memberikannya mainan yang bisa dicuci.

baca juga : Penyebab Kantung Mata Hitam Pada Bayi

Perkembangan Bayi 5 Bulan: Komunikasi

Bayi 5 bulan Ibu seharusnya sudah bisa mengoceh sekarang, dan suara mengoceh itu mungkin mulai terdengar seperti kata-kata nyata. Anak usia lima bulan bisa mulai memasukkan suara konsonan dan vokal bersama-sama (seperti ” ba-ba ”). Jika Ibu mendengar ” ma-ma ” atau ” da-da ” dalam campuran, jangan terlalu bersemangat. Bayi pada usia ini belum memberikan makna pada kata-kata. Tunggu beberapa bulan lagi dan ‘ma-ma’ ‘dan’ ‘da-das’ ‘akan diarahkan pada Ibu,

Pada usia lima bulan, bayi mulai memahami suara yang mereka dengar, seperti anjing menggonggong atau mesin mobil yang dihidupkan. Meskipun mereka belum bisa mengerti kata-kata, mereka mungkin akan memalingkan kepala ketika mendengar nama mereka dipanggil atau ketika mendengar perintah sederhana seperti ” tidak. ”

Baca juga: Perkembangan Bayi Umur 6 Bulan

Pola Tidur Bayi 5 Bulan

Sebagian besar bayi usia 5 bulan sudah memiliki ritme malam yang panjang, tetapi belum semuanya. Untuk itu, Ibu harus membangun pola tidur yang baik agar bayi terbiasa dengan waktu tidurnya di malam hari. Mulailah dengan mandi air hangat, diikuti beberapa menit pijatan lembut dengan nyanyian dan cerita, dan matanya pasti akan mulai mengantuk.

Perkembangan Bayi 5 Bulan
Perkembangan Bayi 5 Bulan

Biasakan mengajak bayi berbaring/meletakkan di boks bayi ketika dia mengantuk bukan setelah dia tidur lelap. Dengan cara ini, dia akan belajar bagaimana menenangkan dirinya untuk tidur sehingga tidka lagi mengandalkan Ibu dan harus digendong.

Pada siang hari, bayi masih memerlukan tidur siang sebanyak dua kali, sekali pagi dan setelah makan siang. Usahakan untuk tidak menunda tidur siang sampai bayi sudah capek dan rewel. Bawa dia ke tempat tidur pada tanda-tanda kantuk pertama.

Baca juga:  Cara Menurunkan Panas pada Bayi 8 Bulan

Stimulasi Bayi 5 Bulan

Berharap bayi Ibu lebih berkembang, maka ikutilah beberapa tips stimulasi bayi 5 bulan berikut ini:

  • Bayi suka musik. Mainkan semua jenis lagu untuk si kecil, dari klasik hingga jazz sampai pop. Dia akan bertepuk tangan, tersenyum, dan mungkin juga mengoceh.
  • Berikan bayi mainan sederhana dan berwarna seperti blok lembut atau mainan untuk dimainkan. Saat Ibu menyerahkan setiap item, beri nama (” Ini adalah blok, ” ” Itu mainan ”) untuk membantu mengajari bayi memahami kata-kata baru.
  • Pertimbangkan untuk melepaskan mainan gantung ang tergantung di tempat tidur bayi. Begitu bayi bisa mendorong ke atas tangan dan lutut mereka, mereka bisa terjebak dalam tali gantung.
  • Si kecil siap untuk mengeksplorasi sekeliling jadi pastikan Ibu menutup semua steker listrik, tempatkan pembersih rumah tangga dan bahan berbahaya lainnya ke dalam lemari terkunci. Juga berhati-hatilah untuk tidak meninggalkan cangkir kopi atau gelas dengan air panas di meja karena bayi bisa menariknya.
  • Lakukan permainan ciluk ba. Letakkan mainan di bawah selimut, lalu buka selimut untuk mengungkapkan isinya. Ini adalah cara terbaik bagi bayi untuk belajar bahwa hal-hal yang hilang secara ajaib bisa muncul kembali.

Baca juga : Tumbuh Kembang Bayi per Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: