Tumbuh Kembang: Perkembangan Bayi 4 bulan

Selamat, si kecil sekarang sudah berumur 4 bulan dan Ibu pasti sedang merasakan kegembiraan yang meluap. Pola tidur yang sudah teratur, celotehnya juga mulai memenuhi rumah. Ibu juga sudah bisa istirahat dengan baik sehingga keberadaan si kecil dan inilah masa terindah sebagai seorang Ibu. Lalu, apakah tumbuh kembang si kecil normal? Berikut perkembangan bayi 4 bulan  yang bisa Ibu pakai acuan dasar.

Perkembangan Bayi 4 Bulan : Kognitif

Keterampilan kognitif berkaitan dengan kecerdasan, rasionalitas, dan kemampuan pengambilan keputusan bayi. Pada umur 4 bulan, bayi sudah bisa:

Pemahaman dasar dan efek. Ketika bayi didudukkan dalam posisi menyusui, dia akan langsung membuka mulut untuk menyambut puting atau botol susu. Bayi juga bereaksi riang saat ditunjukkan mainan, tanda bahwa dia sudah paham bahwa sekarang adalah waktu bermain. Bayi juga sudah mulai belajar menggambar hubungan dasar antara objek, individu dan situasi. Ketika menyangkut individu, ingatan memainkan peran penting.

Ingatan yang lebih baik. Bayi 4 bulan sudah bisa mengenali kakek dan nenek, bahkan mungkin juga mengingat pertemuan terakhirnya dengannya. Bayi sudah  memiliki reaksi pasti terhadap benda dan orang yang dia ingat. Hal ini membuat dia akan menolak jika digendong orang tertentu yang tidak dia suka. Dia juga akan mulai memilih satu mainan favorit secara berulang dari setumpuk mainan yang Ibu tunjukkan.

Menanggapi rasa sayang. Si kecil sekarang tahu bahwa saat mama mencium pipinya berarti itu adalah cara menunjukkan rasas ayang. Bayi umur 4 bulan akan mengerti bahwa dia adalah pusat perhatian dan meresponsnya dengan tepat setiap kali Ibu menunjukkan kasih sayang. Umur ini bayi sudah bisa mengenali emosi cinta terutama saat ditunjukkan oleh pengasuh utama.

Memungkinkan Ibu tahu kapan dia sedih. Jika dia mengerti cinta, dia juga bisa mengungkapkan kesedihannya. Bayi 4 bulan akan menangis saat orang tua meninggalkan ruangan untuk waktu yang cukup lama dan akan menghentikannya saat orang tua kembali. Dia mengungkapkan perasaan sedihnya atau kehilangan seseorang dengan menangis. Tangisan ini biasanya merupakan tangisan yang kering, dimana dia tidak meneteskan air mata tapi hanya mengamuk.

Teriakan berbeda untuk alasan yang berbeda. Menangis masih merupakan mode komunikasi utama untuk bayi 4 bulan. Tapi tangisannya sekarang memiliki gelombang panjang yang berbeda. Kelaparan, kesedihan, popok kotor, masing-masing memiliki tangisan yang berbeda. Sebagai orang tua, Ibu akan segera mengenali pola tangisan yang berbeda.

Baca juga: Tumbuh Kembang – Perkembangan Bayi 3 Bulan

Perkembangan Bayi 4 bulan
Perkembangan Bayi 4 bulan

Perkembangan Bayi 4 Bulan : Fisik

Ada beberapa perkembangan bayi 4 bulan secara fisik yang seharusnya sudah dicapai si kecil. Beberapa di antaranya adalah:

Kepalanya sudah tegak dan mantapBayi umur 4 bulan sudah bisa mendukung kepalanya agar tetap tegak ketika dipeluk.  Ketika bayi diangkat dari posisi berbaring, lehernya sudah kuat dan dia bisa menatap ke arah yang dia tuju dengan mantap. Otot leher yang lebih kuat akan membuat gerakan lehernya terkontrol dan juga alami.

Perkembangan ucapan. Bayi usia 4 bulan memang masih terlalu  muda untuk memahami berbagai nuansa bahasa namun Ibu  akan melihatnya berusaha untuk mengucapkan kata-kata pertamanya. Bayi 4 bulan sudah menemukan kemampuan barunya untuk menggunakan suaranya dan Ibu akan menyadari bahwa dia sudah bisa mengoceh dengan suara berirama sederhana. Bayi di usia ini merasa lebih mudah untuk mengatakan kata-kata yang diawali dengan M, D dan B. Karena itu, Ibu akan bisa mendengar bayi berkata “Ma-Ma” dan “Da-Da”. Bayi mungkin masih belum bisa menghubungkan kata-kata ini dengan orang tua, tapi Ibu bisa memperkuatnya dengan mengulangi kata saat dia mengatakannya.

Berguling. Saat telungkup, bayi akan bisa berguling ke posisi telentang. Ini adalah pertumbuhan substansial dalam perkembangan fisiknya karena menunjukkan peningkatan jangkauan gerakannya. Otot bahu, otot bahu dan punggung sudah lebih kokoh dan memberinya banyak kekuatan.

Kaki Mendorong ke Bawah saat Dipegang secara tegak. Perkembangan bayi 4 bulan lain adalah bayi sudah bisa mendorong kakinya ke bawa dan memijak tanah/lantai ketika digendong. Sebelumnya, dia hanya hanya akan menekuk kakinya begitu digendong, tetapi sekarang di umurnya yang 4 bulan, si kecil sudah memiliki refleks alami untuk mendorong kaki ke posisi berdiri.

Kapasitas perut yang lebih besar. Umur 4 bulan, bayi biasanya mulai menyusu lebih lama per sesi menyusui. Tapi pada saat bersamaan, dia juga lebih jarang lapar dibanding bulan-bulan sebelumnya. Perut bayi  4 bulan telah tumbuh sejak bulan ketiga dan secara signifikan lebih besar dari pada bulan pertamanya. Dengan begitu, kapasitas perutnya sudah bisa menampung lebih banyak susu, membuatnya kenyang lebih lama.

Peningkatan kontrol mata. Pada usia empat bulan, bayi memiliki otot okular yang lebih baik daripada beberapa bulan yang lalu. Otot okular yang lebih baik ditambah dengan otot leher yang lebih kuat berarti bayi bisa mengalihkan pandangannya ke benda yang bergerak. Goyangkan mainan di sekelilingnya dan dia akan terus menatapnya sampai mainan itu menghilang dari wilayah englihatannya. Bayi di usia ini juga melihat wajah dengan hati-hati, terutama mata. Mereka memiliki penglihatan warna sejak lahir tapi objek kontras tinggi seperti pola kotak atau mata kanan sangat menarik perhatian mereka.

Keterampilan motorik yang lebih baik: Tempatkan bayi di tempat tidur dengan beberapa mainan yang menggantung, dan ada kemungkinan besar dia akan meraih mainan dan mengacaknya. Tangannya sekarang sangat kuat karena ia memiliki kontrol genggaman yang lebih baik dari sebelumnya. Bayi sekarang juga mampu membawa kedua tangan sekaligus ke mulut. Dia bisa meraih segenggam objek dengan presisi yang lebih baik dan akan mempertahankan pegangan saat menggerakkan objek. Jika Ibu berambut panjang, maka berhati-hatilah!

Mungkin Tumbuh Gigi:  Salah satu perkembangan bayi 4 bulan yang mungkin dicapai adalah tumbuh gigi. Gigi bayi bisa muncul dari bulan keenam tapi bisa dimulai pada awal bulan keempat. Gigi pertama yang muncul adalah gigi insisivus sentral bawah, yang merupakan gigi depan dua di rahang bawah. Munculnya gigi pertama bisa bermacam-macam dan sangat normal bagi bayi berusia empat bulan yang tidak memiliki gigi. Karena itu, jangan khawatir jika si kecil Anda tidak menunjukkan kulit putih mutiara di mulutnya.

Baca juga : Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

Perkembangan Bayi 4 Bulan : Perkembangan Sosial dan Emosional:

Selain fisik, perkembangan bayi 4 bulan Ibu juga meliputi kemampuan sosial dan emosional. Berikut perkembangan standar yang bisa Ibu perhatikan.

Meniru orang lain. Perkembangan bayi 4 bulan yang paling kontras dalam bidang ini adalah pintar meniru orang lain, terutama suara dan ungkapan. Cobalah Ibu berbicara padanya dengan mulut menganga lebar dan kemungkinan si kecil akan menirunya. Selain itu, cobalah berbicara pada bayi dengan suara sederhana tertentu sehingga dia bisa meniru intonasi suara Ibu.   Ini mungkin tindakan sederhana tapi merupakan indikator kuat bahwa bayi sudah mulai mengerti pentingnya komunikasi verbal.

Senyum dan tertawa: Bayi mulai memberi senyum yang sangat lucu dan tertawa seperti gumaman dari bulan keempat kehidupan mereka. Senyuman ini bisa dirangsang oleh apapun yang bayi anggap lucu atau ceria seperti orang tua yang tertawa, suara yang lucu, dll. Tertawa sering disertai dengan kegembiraan yang bisa dia tampilkan dengan menggerakkan tangan dan kakinya.

Menunjukkan preferensi terhadap orang-orang yang dikenal: Ibu akan melihat rangkaian keterampilan sosial pertama di usia kecil pada usia empat bulan. Perilaku bayi menunjukkan preferensi terhadap orang-orang yang dia akui, yang berarti diingatnya. Dia akan tersenyum ke wajah yang familiar bahkan saat mereka berdiri di kejauhan. Inilah tanda-tanda pertama ikatan sosial.

Menikmati waktu bermain : Bermain dengan bayi sekarang tampaknya lebih bermakna karena si kecil sudah bisa merespons permainan tersebut Bayi akan melihat dan tersenyum pada mainan yang bergerak dan mengerti bahwa Ibu sedang bermain dengannya. Perkembangan inilah yang membuat si kecil menjadi lebih sosial dan interaktif.

Penasaran dengan orang lain: Tahap ini, jika wajah baru masuk ke ruangan, maka bayi tidak bisa mengalihkan pandangannya dari orang itu. jika orang asing itu tersenyum, bayi juga mungkin akan menanggapi senyumnya. Bayi sudah mengembangkan tingkat keingintahuan terhadap orang asing selama mereka berada dalam pelukan orngtua atau pengasuhnya. Tapi jika dia dibiarkan sendiri dengan orang tak dikenal dia mungkin panik dan menangis.

Baca juga : Tahapan Bicara pada Anak dan Stimulasinya

Perkembangan Bayi 4 Bulan: Pertumbuhan, Pola Tidur Bayi 4 Bulan

Pada bulan keempat, berat badan bayi kemungkinan akan berlipat ganda dibanding beratnya sejak lahir. Jika Ibu khawatir anak tidak menyusu dengan baik atau tidak cukup berat badan, bicaralah dengan dokter anak. Untuk tidur, pada bulan keempat bayi, bayi dan juga Ibu harusnya sudah bisa menikmati tidur nyenyak.  Pola tidur bayi 4 bulan sudah teratur. Pada usia ini biasanya bayi bisa tidur tujuh sampai delapan jam berturut-turut. Tambahkan dua tidur siang, dan bayi harus tidur total 14 sampai 16 jam sehari.

Stimulasi Bayi 4 Bulan

Ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan dalam mengoptimalkan perkembangan bayi 4 bulan Ibu. beberapa stimulasi bayi 4 bulan tersebut adalah:

  • Bicaralah dengan bayi sebanyak yang Ibu bisa. Bayi mungkin tidak mengerti banyak tapi dia pasti mengambil kata-kata dasar dengan apa yang dia dengar dari orang tuanya . Dalam beberapa kasus, bayi juga mengucapkan kata-kata sederhana seperti ‘mama’ dan ‘dada’. Jika Ibu melihat bayi mengocehkan kata tersebut, beri dia semangat untuk mengulangi kata itu. Contoh dari Ibu yang benar akan membentuk gerakan suara dan bibir-bibir yang terkait dengan kata itu.
  • Beri banyak tekstur baru kepada bayi untuk dijelajahi, seperti buku-buku seperti Pat the Bunny dan buku papan sentuhan dan nuansa lainnya.
  • Luangkan setidaknya beberapa menit membaca atau bernyanyi untuk bayi setiap hari. Bayi akan senang berada di pelukan Ibu  dan mendengar suara Ibu, bahkan jika Ibu tidak bisa menyanyikan sebuah lagu. Membacakan buku bergembar terang juga akan merangsang perkembangannya. Warna cerah dan kontras akan membantu perkembangan bayi bulan untuk meningkatkan rasa penglihatannya.
  • Meskipun bayi belum bisa merangkak dan mungkin bahkan belum bisa berguling, tetapi sudah saatnya bagi Ibu untuk memikirkan tentang merapikan peralatan rumah tangga. Letakkan kunci di lemari, gerbang jepret di tangga, dan simpan produk pembersih atau bahan berbahaya lainnya tinggi-tinggi dan jauh dari jari-jari bayi yang penasaran.
  • Lakukan sesi bermain aktif. Biarkan bayi memegang salah satu ujung mainan saat Ibu menggoyangkan ujung lainnya. Ibu juga bisa menggerakkan tangannya dengan lembut sambil mengucapkan kata-kata sederhana. Gerakan seperti ini akan membantu menguatkan otot dan persendian bayi. Waktu bermain aktif adalah cara yang bagus baginya untuk melatih ototnya agar memiliki gerakan yang lebih halus dan terkontrol.
  • Menempatkan bayi dalam posisi tengkurap secara teratur dapat memperbaiki dan memperkuat kontrol otot leher dan punggung bayi. Tempatkan objek yang menarik dan dorong bayi untuk menjangkau mainan tersebut. Ini akan menjadi latihan yang hebat untuk otot-ototnya termasuk otot lengannya. Ibu juga bisa memindahkan mainan ke dalam bidang penglihatannya untuk membuatnya menggerakkan lehernya bersama dengan objek yang bisa memperbaiki kemampuan pelacakan objeknya.

baca juga : Perkembangan Bayi 5 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: