Perkembangan bayi 1 bulan

Tumbuh Kembang Bayi – Perkembangan Bayi 1 Bulan

Setelah lahir, bayi akan mengalami perkembangan pesat. Perkembangan bayi 1 bulan tidak hanya meliputi penampilan dan pertumbuhan, tetapi juga indera dan kemahiran motoriknya. Begitu juga dengan kemampuan bahasa bayi yang mulai berkembang sejak hari ia dilahirkan.

Penelitian menunjukkan bahwa bahkan bayi berusia empat minggu sudah bisa membedakan antara suara ‘ma’ dan ‘na’. Sekarang mereka bisa bersuara, berdeguk, mendengus dan bersenandung untuk mengungkapkan perasaan mereka. Tarik perhatian bayi, tatap matanya sehingga si bayi bisa melihat ekspresi Ibu. Teruslah berbicara bahkan saat Ibu membaringkan atau menjauhinya.

Perkembangan Bayi 1 Bulan : Indera

Pendengaran

Setelah melakukan banyak perkembangan di rahim, pendengaran bayi sangat sensitif dan sekarang sudah berkembang sepenuhnya. Mereka akan mulai menoleh ke arah sumber suara. Perhatikan tanggapan mereka saat Ibu bertepuk tangan dari seberang ruangan atau goyangkan mainan, mereka mungkin akan berkedip.
Ibu mungkin ingin mencoba menyanyikan beberapa sajak anak-anak atau dengan lembut memainkan musik untuk bayi. Ibu mungkin akan mendapati si kecil akan bereaksi berbeda terhadap suara dan jenis musik yang berbeda. Ini bisa jadi sebuah indikator awal dari selera musik mereka.

Penglihatan

Perkembangan bayi 1 bulan dalam hal penglihatan akan berkembang pesat. Bayi baru lahir memiliki penglihatan yang kabur, tapi dalam satu bulan pertumbuhannya, mereka sudah bisa sedikit lebih fokus. Mereka masih belum bisa melihat jauh – sekitar 30cm – jadi pastikan posisi Ibu lebih dekat dari itu ketika bicara dan tersenyum pada bayi.
Mereka juga mulai melacak benda bergerak dengan menggerakkan kepala dan mata mereka, tetapi ketika benda itu lenyap, mereka akan seketika lupa. Jangan khawatir jika mereka kadang-kadang memejamkan mata karena mereka masih perlu banyak usaha untuk fokus. Kebanyakan mainan untuk bayi umur segini berwarna hitam dan putih, bukan karena tidak dapat melihat warna tetapi karena bayi lebih mudah memilih warna dengan kontras tinggi.

Baca juga : Cara Memotong Kuku Bayi agar Tidak tajam

Perkembangan Bayi 1 Bulan : Kemampuan Motorik

Gerakan dan kesadaran

Ketika lahir, bayi tidak memiliki perasaan bahwa mereka adalah orang yang terpisah dari Ibu, tapi pada usia satu bulan mereka mungkin menemukan kaki dan lengan mereka – bahkan jika itu dengan sengaja memukul diri mereka sendiri. Akan ada satu atau dua bulan lagi sebelum mereka bisa bisa melakukan koordinasi dengan tangan dan kaki.

Kontrol kepala

Otot leher mereka masih lemah, meskipun kadang Ibu melihat bayi bisa mengangkat kepalanya untuk waktu yang sebentar.

Perkembangan bayi 1 bulan
Perkembangan bayi 1 bulan

Cara Membantu Perkembangan Bayi 1 Bulan.

  • Terus bercakap-cakap dengan bayi dan pertahankan kontak mata. Walaupun mungkin mereka belum bisa memahami, tetapi suara Ibu bisa menenangkan bayi dan merangsang keterampilan bahasa mereka.
  • Pilihlah mainan yang terang dan bersuara seperti kerincingan. Pindahkan mainan itu secara perlahan di hadapan bayi agar bayi bisa mengikutinya dengan mata mereka.
  • Mainan berputar yang digantung di atas tempat tidur bayi adalah ide bagus karena membantu kemampuan dan fokus pelacakan bayi. Ibu tidak harus memilih mainan yang bersuara atau yang mahal, pilihlah mainan yang sederhana, bahkan Ibu bisa membuatnya sendiri dari kardus yang dibentuk. Usahakan mainan gantung ini mengkilap atau dengan kontras tinggi.

Baca juga : Gejala dan Cara Mendeteksi Autis pada Bayi

Permainan yang Bisa Dilakukan dengan Bayi 1 Bulan

Permainan cermin: pegang bayi Ibu di depan cermin besar dan tarik wajah dan buat suara berisik. Perhatikan bagaimana reaksi mereka – mereka bahkan mungkin mencoba untuk meniru Ibu.

Sekali lagi, perkembangan bayi 1 bulan tidak harus benar-benar sama antara satu bayi dan bayi lainnya. Beberapa bayi memiliki kemampuan yang berbeda, sehingga perkembangannya maju atau malah lebih mundur dari teman sebayanya.

 

Baca juga: Perkembangan Bayi 2 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: