7 Tips Agar Anak Tidur Nyenyak saat Batuk

Beberapa  tips agar anak tidur nyenyak saat batuk dan juga posisi tidur yang baik saat anak batuk.

Batuk merupakan kondisi yang sangat tidak menyenangkan, terutama pada anak. Batuk pada malam hari bisa menjadi penghambat tidur. Ibu seringkali harus ikut begadang. Namun Ibu bisa membantunya dengan beberapa  tips agar anak tidur nyenyak saat batuk berikut ini.

Agar anak batuk bisa tidur nyenyak, kuncinya adalah Ibu harus menenangkan tenggorokan si kecil yang geli dan terlalu sensitive.  Ibu bisa melakukan beberapa perawatan rumahan yang tepat, mulai dari menentukan posisi tidur yang baik saat anak batuk, menenangkan tenggorkan hingga mengatur kelembapan.  Nah, untuk lebih jelasnya, berikut tips agar anak tidur nyenyak saat batuk.

Tips Agar Anak Tidur Nyenyak saat Batuk

Minum teh herbal dengan madu

Ibu bisa memberi anak teh tanpa kafein sebelum tidur. Jika anak tidak terbiasa minum teh, Ibu bisa memberinya madu hangat. Tempatkan segelas teh hangat dengan madu atau bisa juga segelas air hangat di meja sebelah tempat tidur anak. Di sini suhu sangatlah penting, karena cairan hangat dapat membantu memecah lendir di saluran napas.

Mengatur posisi tidur yang baik saat anak batuk

Ketika anak terbatuk di malah hari, maka gravitasi adalah musuh. Semua aliran postnasal dan lendir yang anak telan sepanjang hariakan mengiritasi tenggorokan ketika anak berbaring di malam hari. Karena itu, posisikan anak agar tidur menentang gravitasi, misalnya dengan tidur menyamping pada menyandarkan diri pada beberapa bantal. Tinggikan posisi kepala anak dengan bantal tambahan jika dia mengalami kesulitan bernapas.

Batuk juga seringkali memburuk saat tidur karena disebabkan oleh reflux asam dari lambung yang naik ke tenggorokan anak. Batuk juga akan semakin parah jika anak tidur terlentang dengan kedua tangan di samping. Untuk menghindari reflux asam, maka posisikan anak agar tidur menyamping di sisi kiri.  Tidur di sisi kanan segera setelah makan dapat menyebabkan refluks asam.

Trik lain untuk orang dengan acid reflux adalah menempelkan balok kayu di bawah kepala tempat tidur untuk menaikkannya posisi kepala sekitar 4 inci. Dengan sudut itu, posisi asam lambung akan tetap di perut, bukan naik dan mengiritasi tenggorokan.

Baca juga: Cara Mengatasi Batuk Kering pada Bayi

 

Tips Agar Anak Tidur Nyenyak saat Batuk
Tips Agar Anak Tidur Nyenyak saat Batuk

Gunakan uap dengan hati-hati

Saluran udara yang kering dapat membuat batuk anak semakin parah. Jika kamar anak berhubungan langsung dengan kamar mandi, maka Ibu bisa menghidupkan air panas di bak mandi dan buka pintu agar uap mengalir ke kamar. Jika lokasi kamar mandi dan kamar tidur berjauhan, Ibu bisa duduk di kamar mandi beruap sambil menggendong si kecil. Namun jika anak menderita asma, uap malah bisa membuat batuk semakin buruk.

Perhatikan kelembapan kamar anak

Humidifiers dapat membantu batuk jika udara kering. Tetapi terlalu banyak uap air di kamar tidur juga malah bisa membuat anak semakin batuk. Selain itu, tungau, debu dan jamur yang merupakan allergen umum juga tumbuh subur di udara lembap. Karena itu,  jagalah tingkat kelembaban pada 40% hingga 50%.

Persiapkan tempat tidur anak

Jika anak mulai batuk di malam hari, maka siapkan segala hal yang sekiranya bisa membantu batuk anak di samping tempat tidur. Ibu bisa menyiapkan segelas air hangatm obat batuk atau minyak hangat.

Tetap bersihkan seprai

Jika anak menderita batuk dan Ibu curiga penyebabnya adalah alergi, maka coba perhatikan tempat tidur anak. Tungau, makhluk kecil yang memakan serpihan kulit mati dan bersembunyi di tempat tidur – adalah pemicu alergi yang umum. Untuk menyingkirkannya, cucilah seprai setiap minggu dengan air panas.

Baca juga : Jenis Penyakit Kulit pada Bayi dan Gambarnya

Pertimbangkan obat

Obat batuk yang dijual bebas dapat membantu dalam dua cara. Ekspektoran dapat membantu mengendurkan lendir. Penekan batuk memblok refleks batuk dan mengurangi dorongan untuk batuk. Perhatikan baik-baik labelnya untuk memastikan anak  mendapatkan obat yang tepat untuk batuk. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan merk dan dosis yang cocok untuk si kecil.

Jika beberapa  tips agar anak tidur nyenyak saat batuk di atas tidak membantu, maka segera bawa anak ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: