bayi tumbuh gigi

Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Tanda bayi tumbuh gigi- Tumbuh gigi pada bayi adalah saat gigi pertama mulai menembus gusi. Perlahan dan bertahap, gigi lainnya juga berkembang dan tumbuh. Rangkaian gigi pertama ini dikenal sebagai gigi susu. Tumbuh gigi mungkin akan menyebabkan masalah pada bayi, tetapi prosesnya sama normalnya seperti berjalan, merangkak dan berbicara sehingga Ibu tidak perlu khawatir sama sekali.

Kapan biasanya bayi mulai tumbuh gigi?

Tumbuh gigi biasanya dimulai sekitar usia 6 bulan. Masa normal untuk tumbuh gigi bayi adalah antara umur 3 bulan dan 14 bulan, tergantung faktor keturunan. Pada saat anak berusia sekitar 3 tahun, 20 gigi susunya akan lengkap.

Gigi yang biasanya pertama tumbuh adalah gigi depan bagian bawah. Gigi depan bagian atas biasanya tumbuh dalam 1 sampai 2 bulan setelah gigi depan bagian bawah.

bayi tumbuh gigi
tanda-tanda bayi tumbuh gigi

Urutan waktu tumbuh gigi bayi

Biasanya,gigi bayi tumbuh secara berpasangan. Pertama mungkin dua gigi tumbuh di depan bagian bawah. Sebulan kemudian, dua gigi atas mereka tumbuh. Tetapi garis waktu ini berbeda antara anak satu dan anak lainnya.

Nah, secara umum, garis waktu tumbuhnya gigi bayi adalah sebagai berikut:

• 6 bulan: gigi seri bawah

• 8 bulan: gigi seri atas

• 10 bulan: gigi seri bawah dan atas

• 14 bulan: geraham pertama

• 18 bulan: gigi taring

• 24 bulan: geraham kedua

Tanda-tanda tumbuh gigi

Tanda tumbuh gigi pada bayi tidak selalu sama, tetapi secara umum adalah sebagai berikut:

Selalu ingin menggigit

Tekanan yang muncul dari bawah gusi dapat dikurangi dengan tekanan balik, sehingga bayi yang tumbuh gigi seringkali ingin menggigit banyak hal. Naluri mengunyah mungkin juga merupakan respons terhadap sensasi aneh di dalam gusinya.

Gusi Bengkak

Tumbuh gigi bisa menyebabkan gusi bayi menjadi merah, bengkak dan lebam. Terkadang gusi akan tampak menonjol dengan gigi yang muncul. Ibu bisa melihatnya dengan agak samar di bawah kulit ketika bayi membuka mulutnya.

Air liur berlebihan

Ludah yang meningkat bisa merupakan pertanda bahwa gigi bayi akan tumbuh, walaupun kadang juga merupakan bagian dari tahap perkembangan bayi yang normal, jadi jangan berasumsi bahwa meneteskan air liur berarti tumbuh gigi. Tidak ada cara untuk mengetahui apakah air liur bayi adalah hasil tumbuh gigi atau tidak.

Gelisah dan rewel, terutama di malam hari

Gigi yang tumbuh dan bergerak melewati tulang dan gusi cenderung datang secara bertahap, dan lebih banyak terjadi malam hari. jadi bayi biasanya akan lebih rewel dan gelisah pada malam hari.

Bayi Menarik-narik Telinga

Selain merupakan tanda infeksi telinga, bayi yang suka menarik telinga juga bisa menjadi gejala tumbuh gigi: Rasa sakit dari rahang akan dipindahkan ke saluran telinga.

Perubahan kebiasaan makan

Jika bayi yang biasanya terbiasa makan makanan padat, mungkin akan lebih sering menyusu dari payudara atau botol saat tumbuh gigi. Benturan gusi dengan sendok bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Selain itu, bayi juga bisa mogok menyusu karena aktivitas mengisap membuat tekanan tidak nyaman pada gusi dan saluran telinga.

Baca juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: