Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

Berbagai masalah biasanya muncul ketika bayi tumbuh gigi. Demam, rewel, menarik-narik telinga dan juga menggigiti mainan. Tidak jarang juga kalau bayi tumbuh gigi susah makan.

Hal ini tentu saja wajar. Gigi tumbuh secara perlahan tumbuh dan memutar melalui jaringan gusi. Namun gigi yang tajam itu, mendorong gusi yang masih sensitif sehingga timbul rasa sakit. Hal inilah yang membuat bayi terganggu dan keram rewel.

Tanda-tanda umum bayi tumbuh gigi bisa dilihat di postingan : Tanda-tanda Bayi Tumbuh Gigi

Nah, untuk detailnya, berikut beberapa gangguan yangjuga biasanya menjadi tanda bayi tumbuh gigi:

Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Apakah keluar air liur banyak berarti bayi sedang tumbuh gigi?

Selama masa tumbuh gigi, maka si bayi cenderung akan mengeluarkan banyak air liur. Selain itu, dia juga akan lebih sering menggerutu. Banyak gangguan yang memberatkan bayi berasal dari air liur yang berlebih ini.

Ruam air liur. Kulit sensitif dan air liur yang berlebihan kadang tidak bekerja sama dengan baik, terutama saat kulit bergesekan dengan sprei yang terendam air liur. Bayi mungkin akan menderita ruam merah yang menjengkelkan di sekitar bibir dan dagu. Tempatkan kapas yang menyerap air liur di bawah dagu bayi atau handuk di bawah selimut saat bayi tidur. Bersihkan air liur berlebih dari kulit secara perlahan dengan air hangat dan tepuk (jangan digosok) hingga kering.

Kenapa Bayi seringkali batuk saat tumbuh gigi?

Air liur, selain masuk ke mulut juga bisa masuk ke kerongkongan bayi dan menetes ke bawah tenggorokan sehingga menyebabkan tersedak dan batuk.

Kenapa bayi sering diare saat tumbuh gigi?

Tidak hanya masalah pada wajah akibat air liur berlebih, tumbuh gigi juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan bayi. Kelebihan air liur akan membuat kotorannya encer dan menyebabkan ruam popok ringan, terutama saat puncak masa gigi. Namun ini hanya gangguan sementara karena akan mereda setelah gigi bayi tumbuh.

Mengapa tumbuh gigi pada bayi bisa menyebabkan panas atau demam?

Bayi yang tumbuh gigi bisa menderita kenaikan suhu tubuh akibat peradangan. Peradangan ini terjadi ketika gigi yang sedang tumbuh, mendorong jaringan lunak di gusi. Suhu tubuh bayi bisa naik hingga  38,3 ° C. Berikan bayi penurun panas sesuai dosis yang dianjurkan untuk membuatnya lebih baik.

Kenapa bayi tumbuh gigi  susah makan?

Berkurangnya nafsu makan merupakan gejala utama yang patut diwaspadai orangtua saat bayinya tumbuh gigi. Beberapa bayi bisa jadi menolak makan dan memilih untuk menyusu, beberapa malah tidak mau menyusu sama sekali. cobalah untuk memberikan bayi makanan yang sejuk dan lembab, seperti saus apel dan jus beku.

Kenapa bayi yang tumbuh gigi sering terbangun pada malam hari?

Pertumbuhan gigi tidak akan berhenti walaupun bayi sedang tidur di malam hari sehingga akan membuat bayi sangat terganggu dan rewel.

 

Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya
Beberapa masalah-masalah yang diyakini merupakan tanda bayi tumbuh gigi

Cara Mengatasi/ Merawat Bayi Tumbuh Gigi

Ibu mungkin perlu mencoba beberapa metode untuk melihat apa yang terbaik bagi anak:

Kain lap basah dan beku (biarkan salah satu ujungnya kering sehingga dia bisa mendapatkan pegangan yang baik)

Kain tebal terasa enak, dan es dingin juga membantu mematikan sakit gusi. Mainan khusus untuk bayi tumbuh gigi juga banyak tersedia di toko, cobalah untuk meletakkannya terlebih dahulu di kulkas agar dingin, baru berikan pada bayi. Namun jangan membekukan mainan karena terlalu keras pada gusi bayi yang sensitif.

Pijat

Jika gusi bayi masih bengkak karena giginya belum muncul, maka  tekanan balik atau gesekan pada area gusi yang akan ditumbuhi gigi bisa menghasilkan keajaiban. Cobalah menggosok daerah gusi dengan jari bersih.

Pereda nyeri

Acetaminophen dan ibuprofen adalah taruhan yang baik untuk menghilangkan rasa sakit a, seperti juga anestesi oral topikal, selama Ibu tidak melebihi dosis yang dianjurkan. Bicarakan hal ini dengan dokter sebelumnya.

Gangguan

Rasa sakit gigi seperti sakit kepala,  menyebabkan ketidaknyamanan kronis dan rendah. Ibu bisa membantunya untuk mengalihkan bayi dari pikiran rasa sakitnya. Tawarkan anak mainan baru. Dan jangan remehkan kekuatan penyembuhan sentuhan: Sedikit pelukan tambahan di sofa mungkin adalah yang dibutuhkan untuk mengalihkan pikiran anak dari mulutnya.

Kapan harus menghubungi dokter?

Karena beberapa tanda tumbuh gigi sebenarnya bisa menjadi tanda penyakit, Ibu bisa menghubungi dokter jika gejalanya memburuk, misalnya bayi demam melebihi 38 derajat celcius.

Sama halnya jika bayi belum tumbuh gigi saat umurnya memasuki 15 bulan. Dokter mungkin akan membawa bayi Ibu ke dokter gigi untuk mendapat sinar x.

Proses tumbuh gigi berlangsung sekitar dua tahun, namun setelah beberapa gigi pertama muncul, proses selanjutnya tidak sesakit tumbuh gigi pertama. Begitu gigi pertama muncul, cobalah untuk membersihkannya dua kali sehari dengan menggosok lembut gigi bayi dengan lap.

Baca juga : Kapan Mulai Menyikat Gigi Bayi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: