Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan – Tumbuh Kembang Bayi

Selamat, bayi Ibu memasuki usia 2 bulan saat ini. Tentu saja banyak hal yang sudah ditunjukkan olehnya. Agar Ibu lebih memahami perkembangan bayi usia 2 bulan, berikut rangkumannya.

Pertumbuhan Bayi 2 Bulan

Bayi terus tumbuh dengan cepat bulan ini, begitu pula berat dan panjangnya. Jadi, seberapa banyakkah pertumbuhannya saat ini?

Dua bulan pertama kehidupan adalah periode pertumbuhan yang cepat. Bayi akan terus tumbuh dengan kecepatan yang sama, menghasilkan panjang sekitar 1 sampai 1 ½ inci (2,5 sampai 3,8 cm) dan berat 2 pon (907 gram) bulan ini. Ini adalah pertumbuhan rata-rata, bayi Ibu mungkin tumbuh lebih cepat atau lebih lambat, tergantung lonjakan pertumbuhannya.

Jika bayi ekstra rewel atau ingin makan lebih banyak dari biasanya, itu mungkin karena lonjakan pertumbuhan. Jika Ibu sedang menyusui, bayi mungkin ingin makan lebih sering, terutama pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Beberapa orang menyebutnya “cluster feeding”. Bayi yang diberi susu formula mungkin ingin makan lebih sering atau akan minum lebih banyak saat menyusu.

Perhatikan sinyal bahwa bayi lapar (mencengkeram lidah atau mengisapnya) atau kenyang (berpaling atau tertidur). Jika kecerewetan berlangsung lebih dari satu atau dua hari, beritahu dokter.

Dokter akan mengukur berat, panjang, dan lingkar kepala bayi dan melacak pertumbuhannya pada bagan pertumbuhan standar (ada bagan yang berbeda untuk anak laki-laki dan anak perempuan). Dari sana, Ibu akan tahu apakah bayi termasuk besar, kecil, atau sedang, asalkan pola pertumbuhan ini tetap konsisten seiring berjalannya waktu, kemungkinan semuanya baik-baik saja.

Jika bayi Ibu lahir prematur, ingatlah bahwa pertumbuhan dan perkembangan tidak boleh dibandingkan dengan anak yang lahir dengan usia penuh. Bayi prematur perlu perhatian khusus dan mungkin ditimbang lebih sering selama bulan-bulan pertama untuk memastikannya tumbuh dengan baik.

Baca juga : Cara Mengatasi Kolik pada Bayi 6 Minggu

Perkembangan Bayi usia 2 bulan : Keterampilan Motorik

Bayi berusia dua bulan sudah mendapatkan lebih banyak kendali atas tubuh mereka. Itu berarti mereka bisa menahan kepala mereka sedikit lebih kuat saat berbaring di atas perut mereka atau didukung tegak.

Pada bulan kedua kehidupan, bayi terus memiliki refleks mengisap kuat. Ibu mungkin memperhatikan bayi Ibu suka mengisap kepalan tangan atau beberapa jari. Inilah salah satu cara terbaik yang dimiliki bayi untuk menghibur diri mereka sendiri.

Pada usia 2 bulan, bayi Ibu belum memiliki koordinasi untuk bermain dengan mainan. Tapi dia mungkin sudah mulai memperhatikan benda berwarna yang tergantung di depannya. Bayi Ibu bahkan mungkin sebentar memegang mainan yang Ibu tempatkan di salah satu tangannya.

Perkembangan Bayi usia 2 bulan  : Pola Tidur Bayi 2 Bulan

Pola tidur bayi Ibu sudah berkembang, namun pada dua bulan, mereka belum memiliki pola tidur tetap. Pada usia ini, bayi tidur 15 sampai 16 jam sehari. Tapi jam-jam itu sporadis, dan biasanya mereka belum tertidur sepanjang malam, terutama bayi yang mendapat ASI, yang biasanya terbangun setiap tiga jam sekali.

Ibu hanya harus menunggu beberapa minggu lagi agar bisa beristirahat dengan baik. Ibu bahkan mungkin bisa tidur nyenyak setelah membantu bayi belajar bagaimana untuk tertidur sendiri. Lakukan ini dengan memasukkan bayi Ibu ke tempat tidur saat dia mengantuk. Bayi bisa tidur di tempat tidur khusus, tetapi pastikan Ibu dan bayi ada dalam satu kamar.

Pastikan bayi tidur terlentang untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Ibu bisa belajar menelungkupkannya ketika bayi terjaga dan Ibu bisa mengawasinya. Selain itu, singkirkan semua benda lunak dari tempat tidur bayi, termasuk bantal, selimut, boneka binatang.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan
Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan Bayi usia 2 bulan : Perasaan

Pada dua bulan, bayi dapat melihat benda – dan orang – dari jarak hingga 18 inci. Itu berarti Ibu masih perlu untuk cukup dekat, tapi bayi Ibu akan dapat melihat wajah Ibu dengan cukup baik saat menyusui. Dia juga harus bisa mengikuti gerakan saat Ibu berjalan di dekatnya.

Pendengaran bayi juga membaik. Anak Ibu yang berusia 2 bulan akan sangat menikmati mendengarkan suara Ibu.

Perkembangan Bayi usia 2 bulan : Komunikasi

Untuk yang berusia 2 bulan, kebanyakan komunikasi yang terjalin berupa tangisan. Tapi Ibu mungkin mendengar beberapa ocehan, gerutuan, dan bahkan beberapa gumaman manis. Bayi  harus mengenali wajah dan suara Ibu, dan meresponsnya. Ibu bahkan mungkin melihat senyuman kecil yang menggemaskan.

Salah satu hal terpenting yang bisa Ibu lakukan pada usia ini adalah berbicara dengan bayi. Meskipun bayi berusia 2 bulan tidak dapat berbicara balik, mereka akan merespons suara Ibu, dan akan mendorong mereka untuk mulai membentuk kata-kata pertama mereka sendiri dalam beberapa bulan mendatang.

Tips untuk bulan kedua bayi Ibu

  • Beberapa bulan pertama kehidupan bayi sangat menarik dan menegangkan bagi orang tua baru. Jangan takut untuk meminta saran saat Ibu membutuhkannya. Dokter anak adalah sumber informasi terbaik, namun keluarga dan teman adalah orang yang memiliki dukungan baik.
  • Informasi situs web ditinjau secara berkala oleh para ahli untuk memastikan informasi tersebut dapat dipercaya. Namun, internet juga merupakan tempat dimana ada banyak informasi salah. Pastikan Ibu mengetahui sumber informasi medis dan informasi lainnya yang Ibu baca secara online.
  • Mobilitas orangtua yang tinggi saat ini selalu membuat bayi dalam perjalanan.  Akibatnya, bayi menghabiskan banyak waktu di kursi mobil dan kereta dorong. Bayi harus memiliki kesempatan untuk bergerak dalam posisi yang berbeda di siang hari sehingga mereka dapat menggunakan otot yang mereka perlukan untuk bergulir, merangkak, dan akhirnya berjalan. Bayi tidak boleh secara rutin tidur di kereta dorong, tempat duduk mobil, atau kursi goyang.
  • Sentuhan sangat penting selama bulan pertama bayi. Cobalah beberapa kontak dari kulit ke kulit.  Beberapa ahli merekomendasikan pijat bayi, tapi hanya memegang atau mengayunkannya saja sudah cukup.
  • Saat bayi Ibu menangis, cobalah teknik menenangkan yang berbeda. Beberapa bayi merespons musik lembut atau bernyanyi. Yang lain merasa tenang dengan ‘white noise’ ‘(misalnya, menjalankan penyedot debu atau menempatkan tombol radio di antara stasiun). Jika Ibu belum melakukannya, coba perkenalkan dot. Mereka menenangkan dan juga ditemukan membantu mencegah SIDS. Bereksperimenlah untuk menemukan yang terbaik bagi orang berusia 2 bulan Ibu.

Kapan Ibu Harus Konsultasi dengan Dokter?

Jika bayi tidak tumbuh pada tingkat yang diharapkan, atau tingkat pertumbuhannya melambat, dokter akan ingin memastikan bahwa bayi sudah cukup makan.

Dokter mungkin bertanya tentang:

  • Berapa banyak ia menyusu setiap hari. Pada usia 2 bulan, bayi yang diberi ASI bisa menyusu sekitar 8 kali dalam jangka waktu 24 jam; Bayi yang diberi susu formula biasanya makan lebih jarang, sekitar setiap 4 jam. umur 2 bulan, bayi akan minum lebih banyak pada suatu waktu  atau minum lebih sedikit. Pola tidur bayi 2 bulan juga lebih bagus karena dia sudah bisa tidur lebih lama di malam hari.
  • Berapa lama bayi menyusu setiap kali menyusu. Umumnya bayi menyusu minimal 10 menit dengan disertai bunyi menelan dan tampak puas ketika selesai. Bayi yang mengonsumsi susu formula akan minum sebanyak 5 sampai 6 ons (148-188 mililiter) setiap kali minum. Ibu menyusui dapat mengambil manfaat dari melihat konsultan laktasi untuk meningkatkan kenyamanan dan memperbaiki teknik.
  • Berapa banyak bayi buang air besar setiap hari, serta volume dan konsistensi feses mereka. Sebagian besar bayi akan BAB satu kali atau lebih setiap hari, tapi beberapa bayi juga tidak BAB sampai dua hari, hal ini wajar sepanjang konsistensi feses si kecil normal. Kotoran bayi yang disusui cenderung lunak dan agak encer. Kotoran bayi yang diberi susu formula cenderung sedikit lebih kencang, tapi tidak boleh sulit atau terbentuk.

Baca juga : Perkembangan Bayi 1 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: