Perkembangan bayi umur 6 bulan

Perkembangan Bayi Umur 6 Bulan -Tumbuh Kembang

Perkembangan bayi umur 6 bulan – Selamat, bayi Ibu memasuki usia 6 bulan. Selain mulai Mpasi, akan ada banyak hal baru yang diperlihatkan si kecil dan akan membuat Ibu tercengang. Pada usia 6 bulan, mereka setengah jalan melalui tahun pertama mereka.

Pada artikel ini, kita akan mengelompokkan tumbuh kembang bayi 6 bulan menjadi tiga kategori, taitu kognitif, fisik, sosial dan emosional. Selain itu, pada bulan ini Ibu juga akan mengalami fase baru untuk bayi yaitu Mpasi atau pemberian makanan padat pertama bagi bayi.

Perkembangan Bayi Umur 6 Bulan : Kognitif

Tonggak ini berhubungan dengan tumbuh kembang bayi 6 bulan dari segi otak, kecerdasan, dan kecakapan berpikir bayi selama enam bulan. Perkembangan itu di antaranya:

Menjadi lebih penasaran: Pada umur 6 bulan, si kecil akan memiliki rasa ketertarikan baru terhadap lingkungan. Dia akan menyentuh dan memegang hal-hal yang menurutnya menarik

Penyebab dan akibatBayi berusia enam bulan akan menguji hasil beberapa tindakan, dan mengukur reaksi Ibu.

Suara vokal dasar dan suara konsonan: jika ibu perhatikan, si kecil akan mulai merespons dengan suara “Ah”, “Eh”, atau “Bh” ketika Ibu ajak bicara. Hal ini terjadi karena dia secara perlahan menangkap komunikasi lisan.

Meniru bunyiKarena bayi sudah memiliki kemampuan interpretasi bunyi yang lebih baik, dia akan berusaha meniru bunyi yang dia dengar , yang sebagian besar adalah kata-kata dan suara yang dibuat oleh orang tua atau pengasuh atau mainannya.

Menanggapi namanyaSampai sekarang, Ibu mungkin berusaha menarik perhatiannya dengan namanya. Tapi seorang bayi berumur enam bulan ingat akan suara namanya dan menafsirkannya.

Kesadaran diri lebih baik: Menanggapi nama seseorang adalah langkah pertama menuju kesadaran diri. Ini menjadi jelas saat Ibu melihat bagaimana si kecil mengagumi dirinya sendiri di cermin. Bayi pada usia ini menyukai bayangan dan akan gembira ketika melihatnya. Mereka tidak bingung melihat bayangan cermin mereka, yang mengindikasikan kekuatan cerdas otak yang lebih tajam.

Baca juga : Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perkembangan bayi umur 6 bulan
Perkembangan bayi umur 6 bulan

Perkembangan Bayi Umur 6 Bulan : Fisik

Kategori ini berisi tumbuh kembang bayi 6 bulan yang terkait dengan pertumbuhan fisik dan kemampuan motorik bayi.

Visi dan persepsi kedalaman warna yang baik: Salah satu perkembangan fisik utama bayi pada enam bulan adalah mata. Bayi sudah memperbaiki palet penglihatan warna dan dapat membedakan antara dua warna dan oleh karena itu, suka melihat benda kontras tinggi dan buku cerita berwarna cerah. Dia juga memiliki persepsi superior tentang kedalaman dan jarak, membantunya menilai objek dan jarak secara akurat. Dia bisa melacak objek, dan Ibu akan melihat bahwa dia menatap bola yang bergulir sampai berhenti.

Peningkatan koordinasi tangan-mata: Visi yang lebih baik mengarah pada fungsi tangan yang lebih tepat. Enam bulan dan seterusnya, bayi-bayi mahir mengulurkan tangan untuk meraih benda-benda meski mereka bergerak. Begitu mereka memegang sebuah benda, mereka mengamati dengan hati-hati, dan mungkin juga memindahkannya dari satu tangan ke tangan yang lain.

Pegang benda dengan semua jari: Ini disebut genggaman penggaruk, dan bayi menggunakan ini untuk menangkap benda kecil atau tipis. Jari-jarinya serampangan dan jika bayi Ibu diberi susu formula, maka dia mulai bisa memegang botolnya dengan mudah.

Duduk tanpa bantuan Seorang berusia enam bulan memiliki otot punggung yang lebih kuat dan mampu menopang berat tubuhnya secara keseluruhan. Dia mungkin belum bisa duduk sendiri, tetapi ketika dia dibantu, dia bisa menahan posisi itu selama beberapa saat (walau akhirnya terguling). Pada umur ini bayi juga sudah bisa berguling dari telentang ke telungkup dan juga sebaliknya.

Mendukung kepala: Bayi tidak hanya memiliki otot punggung yang kuat tapi juga otot leher yang kencang. Ketika Ibu menggendongnya, maka kepalanya sudah bisa tegak dan bahkan sudah bisa menoleh untuk melihat benda-benda yang menarik perhatiannya.

Dukung berat badan saat dipegang tegak: Bayi tidak bisa berdiri sendiri, tapi saat dipegang secara vertikal, dia akan menopang berat badannya di kakinya dan akan melambung naik turun. Perkembangan bayi umur 6 bulan ini merupakan fondasinya untuk berdiri dan berjalan.

Tidur selama enam sampai delapan jam: Bayi pada usia enam bulan bisa tidur selama enam sampai delapan jam pada malam hari. Si kecil mungkin terbangun untuk makan sesekali, tapi tidak sesering dulu.

Baca juga : Fase Perkembangan Bayi

Perkembangan Bayi Umur 6 Bulan : Sosial dan Emosional

Perkembangan ini membantu bayi membentuk ikatan sosial dengan orang-orang penting di keluarga mereka:

Merespon emosi orang lain: pada umur 6 bulan, Ibu akan melihat tanda-tanda pertama empati dalam perilaku bayi,  Dia akan bereaksi terhadap ekspresi sedih atau bahagia, terutama terhadap pengasuh utamanya ‘. Dia bisa menghentikan apapun yang dia lakukan dan mungkin sedih melihat bayi lain menangis.

Ungkapan vokal yang berbeda: Ada seruan yang berbeda untuk berbagai ungkapan dan mungkin tangisan berbeda saat lapar, berganti popok, atau merasa tidak nyaman. Dalam banyak kasus, dia akan memiliki ekspresi vokal tertentu untuk emosi tertentu.

Kenali wajah dan kepanikan yang familiar saat bersama orang asing: Bayi enam bulan sudah bisa menyapa wajah-wajah yang dikenal dengan senyuman manis dan akan menangis jika ditinggalkan dengan orang asing. .

Bermain dengan orang tua / pengasuh utama: Bayi menunjukkan kecenderungan akut untuk bermain hanya dengan orang tuanya dan pengasuh utama, dan paling banyak dengan saudara kandung.

Makanan Pendamping ASI (Mpasi)

Dari usia 6 bulan, Ibu sudah bisa mulai memberikan makanan padat atau Mpasi pada bayi.  Ini adalah saat yang menyenangkan bagi bayi karena mereka akan mencoba hal baru. Ibu bisa memberi mereka variasi makanan dengan tekstur dan juga warna menarik.  Pemberian makanan pertama ini juga harus melihat kondisi kesiapan si kecil.

Lebih Lengkapnya, Ibu bisa membacanya di : Panduan untuk Memulai Mpasi Pertama Bagi Bayi

Stimulasi Bayi Umur 6 Bulan

Berikut beberapa cara yang bisa Ibu coba untuk mengoptimalkan perkembangan bayi umur 6 bulan.

  • Bayi usia ini benar-benar menyukai suara binatang dan mereka mulai mengerti bahwa makhluk yang berbeda membuat suara yang berbeda. Tunjukkan gambar binatang di buku dan buat semua suara, satu per satu.Dia akan menyukainya.
  • Bayi membutuhkan banyak stimulasi tapi jangan berpikir kalau Ibu harus melambai-lambaikan mainan dan membuat suara binatang realistis sepanjang hari.Mereka juga membutuhkan waktu yang lebih tenang – beberapa menit setiap saat – saat mereka bisa bermain sendiri.Ini adalah latihan yang bagus untuk mereka belajar menghibur diri mereka sendiri.
  • Bayi mungkin juga suka mengulangi satu suku kata, seperti “ba”, “ma”, “ga”, atau kombinasi huruf konsonan lainnya, berulang-ulang. Dia bahkan mungkin menambahkan satu suku kata atau dua lagi, membuat suaranya lebih kompleks
  • Mengajak bayi bermain tumpukan blok dan cangkir akan sangat berguna di umur ini. permainan ini akan mmebantu mengembangkan koordinasi tangan dan mata bayi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: