Penyebab kantung mata hitam pada bayi

Penyebab Kantung Mata Hitam pada Bayi

Penyebab kantung mata hitam pada bayi – Kantung mata atau lingkaran hitam dan gelap di bawah mata merupakan hal yang wajar pada orang dewasa. Namun bagaimana jika hal itu terjadi pada bayi?

Beberapa Ibu kadang abai dengan kantung mata pada bayi karena mengira bayi sedang lelah atau seperti pada orang dewasa, kurang tidur. Namun apakah alasannya hanya itu, apalagi jika lingkaran itu tebal dan tidak juga hilang selama berhari-hari.

Simak artikel berikut untuk mengetahui penyebab kantung mata hitam pada bayi.

Apa itu Lingkaran Hitam?

Lingkaran gelap adalah noda gelap di sekitar mata. Hal ini bisa saja menjadi sinyal dari beberapa ketidaknyamanan atau masalah alergi dan jarang merupakan kondisi kritis. Kulit di sekitar kelopak mata disebut kulit periorbital. Jika lingkaran hitam disebabkan karena produksi melanin yang lebih tinggi dari biasanya, itu disebut ‘periorbital hyperpigmentation’

Apa penyebab kantung mata hitam pada bayi

  • Kulit tipis dan sensitif di bawah mata membuat pembuluh darah terlihat lebih gelap. Hal ini bisa jadi merupakan penyebab yang paling umum.
  • Beberapa bayi mungkin memiliki kulit yang relatif lebih tipis daripada yang lain sehingga mata tampak lebih berkantung.
  • Kantung mata juga bisa menjadi sifat yang diwariskan dalam keluarga. Dalam kasus ini, bayi juga bisa mendapatkannya.
  • Seperti orang dewasa, kelelahan juga bisa menjadi penyebab kantung mata hitam pada bayi.Kulit bayi yang lelah akan tampak pucat sehingga menampilkan pembuluh darah di bawah mata.
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, penyebab lain kantung mata ini bisa jadi adalah ┬ákondisi alergi, eksim, infeksi bakteri di sinus, infeksi saluran pernapasan, atau dehidrasi.
  • Lingkaran hitam disebabkan karena alergi, termasuk alergi pernafasan, sering disebut sebagai ‘allergen shiners’ . Hidung tersumbat juga berhubungan dengan alergi. Hal ini menyebabkan pembatasan pembuluh darah dan penurunan aliran darah, yang mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah di bawah mata. Kondisi inilah yang membuat kantung mata tampak menonjol.
lingkar mata hitam pada bayi
lingkar mata hitam pada bayi

Pengobatan untuk Kantung Mata pada Bayi

  • Pastikan bayi cukup tidur, makan dengan baik, aktif, dan menunjukkan kenaikan berat badan yang sehat.
  • Jika penyebabnya adalah alergi, maka ┬álindungi bayi Anda dari iritasi potensial seperti serbuk sari, debu, dll. Bersihkan mata bayi menggunakan lap basah dan air hangat.
  • Potong kuku mereka untuk menghindari goresan yang tidak perlu di wajah dan mata.

Baca juga: Cara Memotong Kuku Bayi agar tidak Tajam

Pertanyaan-pertanyaan Umum lainnya

Apakah kantung mata pada bayi terjadi karena kebiasaan tidur yang tidak tepat atau kesehatan yang buruk?

Berbeda dengan asumsi yang dibuat oleh kebanyakan orang tua, lingkaran hitam tidak selalu merupakan hasil dari kebiasaan tidur yang tidak tepat atau kondisi kesehatan yang buruk pada bayi. Namun kantung mata juga tidak selalu berarti bayi memiliki kondisi serius.

Apakah lingkaran hitam berhubungan dengan demam dan tumbuh gigi?

Orangtua sering mengaitkan lingkaran hitam dengan tumbuh gigi dan demam. Namun, ini tidak pasti karena tidak ada bukti nyata atau penelitian.

Baca: Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

Mengapa saya kadang-kadang melihat bagian bawah mata bayi kemerahan?

Kemerahan di bawah mata bayi bisa jadi hasil dari beberapa alasan yaitu alergi, infeksi, iritasi, atau hanya karena bayi sedang menggosok mata saat lelah. Bayi bisa peka terhadap makanan atau partikel udara, sehingga bagian matanya memerah sebagai reaksi alergi terhadap zat.

Untuk lebih lanjutnya, jika lingkaran mata itu tambah parah dan tidak hilang dalam jangka waktu lama, Ibu bisa menghubungi dokter untuk mengetahui penyebab kantung mata hitam pada bayi serta penanganannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: