Penyebab Gigi Bayi Tumbuh Berwarna Kuning

Penyebab Gigi Bayi Tumbuh Berwarna Kuning

Tumbuh gigi merupakan proses alamiah, bisa terjadi pada umum 6 bulan dan menyebabkan bayi rewel. Setelah gigi tumbuh, maka rasa sakitnya akan menghilang dan si kecil ceria lagi. Namun kadang, semuanya tidak selesai begitu saja karena bisa saja gigi bayi kuning dan berkeropos.

Bagaimana bisa gigi bisa menjadi kuning padahal pas tumbuh warnanya putih?

Penyebab Gigi Bayi Tumbuh Berwarna Kuning

Oke, gigi bayi memang seharusnya berwarna putih. Namun dalam beberapa kasus, gigi si kecil juga bisa berwarna putih hingga kekuningan. Sebelum merasa cemas, maka Ibu harus tahu bahwa ini adalah kondisi normal.

Namun jika warna gigi bayi tidak bervarian antara putih dan kuning, atau muncul bintik-bintik atau sebagai garis di enamel gigi, bisa jadi itu merupakan kasus perubahan warna gigi.

Sebelum beralih pada penyebab gigi bayi tumbuh berwarna kuning,  ada dua kondisi berbeda yang bisa dilihat:

 1 – Gigi dewasa lebih kuning dari gigi susu bayi tanpa memperdulikan keadaan.

 2 – Ada keadaan khusus dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

Mari kita bicara tentang poin 1 dulu. Banyak orang tua bertanya mengapa gigi dewasa anak-anak mereka lebih kuning daripada gigi susu. Seringkali hal itu tidak ada hubungannya dengan kesehatan atau kebersihan mereka. Secara umum gigi dewasa memang lebih kuning dari gigi bayi karena perbedaan struktur gigi. Ada lebih banyak dentin kuning di dalam gigi permanen dan membuat warna ini lebih terlihat melalui enamel. Gigi susu memiliki dentin yang lebih sedikit dan email yang lebih banyak, hal inilah yang membuat bayangan gigi susu lebih terang.

Perbedaan warna ini akan sangat terlihat ketika gigi susu di kecil tanggal dan memiliki gigi permanen. Ibu akan bisa melihat dengan jelas perbedaan warna antara gigi baru dan gigi susu yang masih tersisa.

Lalu beralih ke ketagori 2.  Banyak hal yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi pada bayi. Hal tersebut bisa berasal dari makanan, kebersihan gigi dan juga unsur kimia serta genetika.

Baca juga: 11 Keuntungan Pemberian ASI bagi Bayi dan Ibu

Makanan dan minuman

Fakta: Makanan dan minuman seperti blueberry, ceri, soda atau kecap, akan menghasilkan warna kuning pada bayi.  Tingkat pewarnaan gigi pada anak-anak tergantung pada berapa lama atau seberapa teraturkah konsumsi mereka atas produk ini, serta apakah enamel gigi sedang dalam masa pembentukan ketika mereka mulai mengonsumsi produk di atas.

Ajak anak untuk berkumur dengan air setelah mereka makan makanan berpigmen tinggi atau minum minuman asam atau minuman berwarna.

Kebersihan gigi

Fakta: Jika anak tidak menyikat gigi secara teratur untuk menghilangkan plak dan pewarnaan, maka hal ini dapat menyebabkan gigi berwarna kuning secara alami.

Ajari anak menyikat dua kali sehari untuk menghindari gigi bayi tumbuh menjadi kuning.

Fluoride

Fakta: Di Oklahoma, 62,2% dari air keran kami mengandung fluoride. Jika seorang anak mencerna terlalu banyak fluoride selama tahun-tahun pembentukan gigi, fluoride merusak sel-sel pembentuk enamel, menghasilkan gangguan mineralisasi yang meningkatkan enamel sub-permukaan. Permukaan berpori ini menyebabkan gigi berubah menjadi kuning kotor. Terkadang gigi akan berubah warna menjadi abu-abu.

Periksa dengan sumber air lokal dan cari tahu berapa persentase fluoride dalam air keran. Jika kadar melebihi 20%, pertimbangkan air kemasan bebas fluoride selama pembentukan gigi anak.

Tetrasiklin

Fakta: Percaya atau tidak, air keran dan air botol mengandung jejak Tetracycline. Tetracycline adalah obat antibiotik. Biasanya, ini terkandung dalam obat pilek/flu. Pewarnaan enamel dapat mempengaruhi seluruh gigi, atau dapat mempengaruhi tambalan, garis atau pita gigi. Ini tergantung pada durasi paparan dan bagian apa dari enamel gigi yang terbentuk selama penggunaan obat itu. Noda ini tidak mungkin dihilangkan tanpa menggunakan teknik pemutihan.

Ketika anak sakit, konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep tanpa Tetrasiklin, terutama jika anak kurang dari delapan tahun,

Trauma Gigi

Fakta: Kecelakaan terjadi dan terkadang bisa mempengaruhi gigi anak. Kecelakaan yang merusak saraf di dalam atau di dekat gigi dapat menyebabkan pewarnaan kuning pada gigi anak. Noda hanya terbentuk di dalam gigi atau gigi yang dilekatkan pada saraf.

Jika anak memiliki satu gigi yang berwarna abu-abu atau kuning akibat trauma pada saraf, Ibu harus segera membawa anak ke dokter gigi. Pemutih mungkin berhasil secara sementara di bagian luar gigi, tetapi bagian dalam gigi membutuhkan perhatian profesional.

Gangguan Genetik

Fakta: Seorang anak yang didiagnosis dengan dentinogenesis imperfecta , kondisi keturunan dari orang tua, akan memiliki gigi yang menguning.  

 Cari saran medis untuk mendiagnosis dan mengelola kondisi ini.

Itulah beberapa penyebab gigi bayi tumbuh berwarna kuning. Ibu bisa menggali lebih dalam tentang jenis penyebab yang sesuai sehingga bisa memberikan perawatan yang tepat.

Baca juga: Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: