Bayi Sering Mengucek Mata – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bayi sering mengucek mata dan Ibu tertawa karenanya? baca artikel berikut ya Bu untuk tahu 5 penyebab bayi sering mengucek mata, cara mengatasi bayi yang sering mengucek mata dan cara mencegah bayi mengucek mata.

Kebanyakan Ibu akan tertawa geli ketika melihat hidung dan wajah bayi berubah merah muda setelah dia mengucek matanya. Namun jika Ibu perhatikan lebih jelas, bisa saja bayi sering mengucek mata itu merupakan pertanda sebuah kondisi.

Bayi belum berkomunikasi dengan baik, karena itu dia mencoba menyampaikan apa yang dia rasakan lewat tingkah laku. Salah satunya dalah dengan mengucek mata. nah, apa saja penyebab bayi sering mengucek mata?

Penyebab Bayi Sering Mengucek mata

Ada beberapa penyebab bayi sering mengucek mata dan itu berhubungan dengan kondisinya. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi alasan kenapa dia mengucek matanya.

1. Bayi Mengantuk:

Jika bayi sering mengucek mata dan menguap, itu artinya dia mengantuk dan lelah.  Ketika dia lelah, matanya juga ikut lelah. Sama seperti pijat  yang membantu menghilangkan sakit pada otot, tindakan mengucek mata juga bisa membantu selama kelelahan. Dengan melakukan itu, dia terbebas dari rasa sakit dan ketegangan yang tercipta di otot-otot mata, di sekitar mata dan di kelopak mata.

2. Mata Kering:

Penyebab bayi sering mengucek mata bisa jadi karena matanya terlalu kering. Mata dilindungi oleh film air mata, yang menguap ketika terkena udara untuk waktu yang lama. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering, menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi sehingga secara naluriah mencoba menenangkan dirinya dengan mengucek matanya. Mengucek mata merangsang air mata, yang mengembalikan kelembaban di mata.

3. Bayi Penasaran:

Selain kantuk dan kelelahan, ada kemungkinan penyebab lain mengapa bayi  bisa mengucek matanya. Ibu mungkin memperhatikan betapa penasarannya si bayi ketika ia mengembangkan keterampilan motorik. Jika dia baru saja sampai pada tonggak keterampilan motorik baru, mungkin saja dia sedang bereksperimen dengan menyentuh bagian tubuhnya seperti mata, hidung atau telinga untuk memahami bagaimana tubuhnya akan merespons.

4. Bayi Sedang Kagum:

Bayi tidak lelah tetapi masih mengucek mata, bisa jadi itu mungkin karena rangsangan visual luar biasa yang ia dapat saat melakukannya. Si kecil bisa jadi menyukai perasaan menutup mata, mengucek dan mengulanginya lagi untuk melihat semua pola visual itu. Contohnya ketika Ibu menutup dan mengucek mata, maka Ibu bisa melihat pola dan cahaya di kelopak mata yang tertutup. Bisa jadi, pola itu membuat bayi kagum dan kembali mengucek matanya.

5. Ada Sesuatu di Mata Bayi:

Salah satu penyebab bayi sering mengucek mata bisa jadi karena ada sesuatu yang menjengkelkan di dalam matanya.  Mungkin ada kerak di sekitar matanya atau bulu atau sedikit debu. Partikel-partikel ini membuatnya sangat kesal sehingga dia mungkin ingin dengan mengucek mata dengan keras.  Namun mengucek mata terlalu keras bisa mengakibatkan kerusakan pada mata si kecil karena partikel asing akan menggaruk permukaan mata.

Baca juga : 13 Penyebab Anak Sering Terbangun Tengah Malam

penyebab Bayi Sering Mengucek Mata
penyebab Bayi Sering Mengucek Mata

Cara Mengatasi Bayi yang Sering Mengucek Mata

Jika Bayi Mengantuk:

Perhatikan tanda-tanda kantuk dan kelelahan pada bayi. Mengucek mata dan menguap adalah tanda-tanda umum yang mengindikasikan bayi membutuhkan tidur siang. Jika Ibu melihat tanda-tanda pertama kantuk, segera tidurkan bayi untuk menghindari kelelahan (dan gosok mata).

Pahami rutinitas tidur bayi. Setelah rutinitas yang tepat ditetapkan, pastikan bahwa dia tidur pada waktu tertentu bahkan jika Ibu jauh dari rumah. Dengan begitu, Ibu tidak membiarkan bayi kelelahan.

Jika Bayi Mengucek Mata karena Kagum

Alihkan perhatiannya dengan menunjukkan sesuatu yang lebih menarik daripada permainan ringan yang dia dapatkan (ketika dia mengucek matanya). Karena rentang perhatian bayi biasanya pendek, maka dia akan teralihkan dengan mudah.

Jika ada Partikel Asing di matanya

Jika bayi mengucek mata dan pada saat bersamaan bayi menangis dan matanya merah, itu artinya ada partikel asing di mata bayi. Untuk mengatasinya maka celupkan bola kapas ke dalam air dingin dan tekan mata bayi secara perlahan untuk membuang partikel.Bersihkan kerak-kerak menggunakan kain katun bersih. Jika bayi masih mengalami iritasi, Ibu harus membawanya ke penyedia layanan kesehatan.

Perhatian: Jangan gunakan steker kapas yang sama untuk kedua mata. Jangan tinggalkan bayi di tempat di mana ada banyak debu yang beterbangan di udara. Jika tidak dapat dihindari, lindungi matanya ketika berada di atmosfer berdebu.

Baca juga: Cara agar Telinga Tidak Sakit Saat Naik Pesawat

Bagaimana  Mencegah Bayi Mengucek  Mata?

Untuk meminimalkan cedera dan goresan pada mata, Ibu perlu menghentikan bayi agar tidak mengucek matanya lagi. Ibu harus melindunginya sampai dia cukup dewasa untuk menyadari efek negatif dari menggosok mata.

  • Jika bayi memiliki kebiasaan menggosok matanya, cobalah menutupi kedua tangannya. Sekolah Kedokteran Stanford menyarankan untuk mengenakan baju bayi dengan lengan penuh atau sarung tangan bayi untuk menutupi tangannya secara menyeluruh. Pakaian dan sarung tangan akan melindunginya ketika dia menggosok matanya atau menggaruk wajahnya. Ibu juga bisa menarik baju lengan panjang bayi untuk menutupi tangannya agar tidak mengucek matanya.
  • Ibu bisa memegang tangan si kecil dari wajahnya ketika dia hendak mengucek mata. alihkan perhatiannya dengan memberikan mainan atau memainkan musik sehingga keinginan mengucek mata itu terlupakan.

Baca juga: Perkembangan Bayi Umur 6 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: