Kapan Bayi Bisa Melihat dan Merespon

Kapan Bayi Bisa Melihat dan Merespon?

Salah satu momen paling sakral adalah ketika Ibu bertatap muka pertama kalinya dengan si kecil. Dia akan mengangkat tangan dan menggapai wajah Ibu dan barangkali, Ibu berharap mendapatkan senyum pertamanya. Namun respon seperti itu belum Ibu dapatkan begitu bayi baru lahir. Newborn baby belum bisa melihat jelas sehingga belum bisa merespon Ibu. Barangkali si kecil akan tertawa, tetapi itu lebih pada refleks alami bayi dan bukan bentuk respon atas lingkungan. Jadi, kapan bayi bisa melihat dan merespon Ibu?

Perkembangan penglihatan bayi lebih rumit dibanding perkembangan lainnya. Semua komponen yang bekerja bersama untuk membantu bayi melihat seperti warna, persepsi kedalaman, dan visi tiga dimensi, berkembang pada waktu yang berbeda. Hal itu menyebabkan penglihatan bayi meningkat secara bertahap selama enam bulan pertama kehidupan.

Perkembangan Penglihatan Bayi

4 minggu kehamilan

Mata bayi mulai berkembang sejak empat minggu kehamilan. Umur ini adalah masa ketika saraf optik mulai berkembang.

8 minggu kehamilan

Pada minggu kedelapan, mata bayi berada di tempat yang tepat dan retinanya mulai terbentuk.

16 minggu kehamilan

Sekitar 16 minggu, mata bayi sudah sensitif terhadap cahaya, meskipun mata mereka tidak akan terbuka sampai sekitar 27 minggu dan meskipun matanya sepenuhnya berkembang, dia belum bisa melihat banyak.

Bayi Baru Lahir

Pada saat bayi dilahirkan, secara teknis dia sudah bisa melihat tetapi semuanya masih kabur. Ketajaman visual mereka hanya sebesar 5 persen dari penglihatan umum orang dewasa.

Sama seperti berjalan dan berbicara, melihat adalah sesuatu yang harus dipelajari bayi.

Baca juga: Tahapan Bicara Anak dan Stimulasinya.

Seberapa Jauh Bayi Bisa Melihat?

Saat lahir, bayi hanya bisa fokus pada objek delapan hingga 10 inci dari wajah mereka.

Penglihatan yang baru lahir dimulai sekitar 20/400 dan perlahan membaik saat bayi bertambah usia. Sekitar empat bulan, bayi dapat mulai fokus pada objek lebih jauh dari 12 inci dan meraihnya. Sekitar umur enam bulan, bayi dengan penglihatan normal akan memiliki penglihatan 20/20.

Kapan Bayi Bisa Melihat Warna?

Menurut seorang peneliti, Anna Franklin dari University of Sussex, penglihatan bayi baru lahir tidaklah hitam putih. Bayi yang baru lahir dapat melihat bercak merah besar  pada latar belakang abu-abu. Saat umurnya dua bulan, bayi dapat mengidentifikasi warna merah dan hijau; beberapa minggu kemudian, mereka juga dapat membedakan biru dan kuning.

Baca juga: Cara Merangsang Penglihatan Bayi sesuai Usia

Kapan Bayi Bisa Melihat dengan Jelas dan Merespon?

Bayi mengenal Ibu dan suara Ibu dengan baik bahkan sebelum ia lahir, tetapi segala sesuatunya tidak begitu jelas. Perkembangan penglihatan bayi usia 2-6 bulan sebagai berikut:

Sekitar 2 bulan:

Bayi akan mulai mengenali fitur wajah ibu sekitar umur dua bulan. Pada usia ini, bayi mulai melihat lebih jauh, dapat memfokuskan mata mereka pada wajah Ibu dan mampu menahan kontak mata. Umur segini, si kecil juga sudah mulai merespon Ibu.

Sekitar 3 bulan:

Pada usia ini, bayi akan mulai mengikuti objek bergerak dengan mata mereka dan meraih sesuatu. Mereka juga dapat melacak objek dalam garis vertikal dan ketika dipindahkan secara melingkar.

Sekitar 5 bulan:

Pada saat ini, penglihatan bayi cukup berkembang sehingga mereka dapat melihat berbagai nuansa warna dan dapat melihat Ibu dari jauh. Persepsi mendalam mereka juga meningkat, yang akan membantu mereka saat mereka mulai merangkak.

Sekitar 6 bulan:

Pada usia enam bulan, bayi memiliki tingkat ketajaman visual, kejernihan pandang, dan persepsi kedalaman seperti orang dewasa.

Jadi bayi baru bisa melihat dengan jelas pada usia 6 bulan. Kemampuannya tersebut akan meningkat seiring umur. Ibu harus membantu perkembangan penglihatannya dengan melakukan beberapa hal-hal kecil.

Baca juga: Penyebab Gigi Bayi Tumbuh Berwarna Kuning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: