Cara Merawat Kerak Kepala Bayi

Cara Merawat Kerak Kepala Bayi dengan Bahan Alami

Salah satu masalah yang dihadapi bayi baru lahir adalah kerak kepala bayi. Beberapa Ibu mengeluhkan kalau kerak kepala bayi susah hilang. Namun apa sih yang sebenarnya menyebabkan kerak kepala atau yang dikenal dengan cradle cap itu?

Kerak kepala merupakan lapisan putih kekuningan yang mengelupas seperti ketombe di kepala bayi, khususnya bayi baru lahir. penyebabnya sendiri belum diketahui pasti, tetapi merupakan disfungsi atau gangguan kelenjar minyak pada rambut. Aktivitas kelenjar dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya hormon sang Ibu yang mengakibatkan produksi minyak berlebih pada jaringan kulit bayi. Dalam istilah kedokteran, kondisi ini disebut sebagai seborrheic dermatitis. Kerak ini biasanya bisa mengelupas dengan sendirinya dari kulit.

Namun jika kerak yang berupa sisik-sisik menebal itu menutupi seluruh kepala, maka itu disebut Cradle Cap. Ini berat karena bisa meluas ke seluruh daerah yang kaya akan kelenjar minyak seperti alis mata, lipatan antara hidung dan mulut, lalu terus meluar sampai ke dada hingga seluruh tubuh.

Kerak biasa bisa menjadi berat, karena kontak dengan kotoran dan debu sehingga keduanya makin menempel pada kulit kepala. jika dibiarkan maka menjadi sisik-sisik halus di kepala. jika dibiarkan akan menebal membentuk kerak tebal yang biasa disebut dengan sarap/sumbukan/ sawan/ketombe. Jika kerak itu dibiarkan, maka bisa menyebabkan kelainan kulit yang berat.

Kerak kepala Bayi Susah Hilang?

Disfungsi kelenjar keringat akan membuat kerak selalu muncul. Jika tidak dirawat dengan baik, maka kotoran dan debu akan terus menebal sehingga menyebabkan kerak susah hilang. Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilankan kerak adalah baby oil. Namun ada kalanya kerak kepala bayi susah hilang, sehingga Ibu bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut:

Cuka Sari Apel

Ibu perlu mencampur air dan cuka sari apel dalam perbandingan 2: 1 dan menerapkannya ke kerak kepala bayi. Biarkan selama lima belas menit dan cuci dengan menggunakan air suam-suam kuku. Proses ini harus diulang dua kali seminggu untuk menghilangkan kulit kering dari kepala anak.

Minyak sayur

Minyak nabati dan mineral membantu mengelupas kulit kering. Ibu perlu mengoleskan minyak di kepala dan biarkan selama sekitar 2 jam. Sekarang cuci kepala dan bersihkan. Gunakan kain lembut untuk menyeka bagian kepala dan gosokkan ke dalam gerakan melingkar. Ini akan menghilangkan kerak kepala bayi.

Baca juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Minyak Kelapa

Minyak kelapa melembutkan kulit bersisik dan membantu untuk mengelupasnya. Oleskan minyak kelapa ke kepala dan biarkan sepanjang malam. Cuci rambut di pagi hari dan sikat dengan menggunakan sisir. Minyak kelapa memiliki sifat pelumas tertentu yang membantu mengelupas kulit kering.

Cara Merawat Kerak Kepala Bayi
Cara Merawat Kerak Kepala Bayi dengan Bahan Alami

Menyisir rambut

Ibu bisa menggunakan sisir dengan gigi halus untuk menyikat rambut setelah memijat kepala balita dengan baby oil. Sisik pada kulit kepala akan terlepas saat menyisir. Namun, sikat rambut dengan lembut dan ulangi prosesnya dua kali seminggu.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung Vitamin E yang mencegah berbagai jenis infeksi. Oleskan minyak ke kulit kepala dan biarkan selama sekitar 20 menit. Ini akan membuat kerak kepala bayi melembut dan akan mudah lepas saat Ibu mengoleskan sampo ke kepala bayi.

Tea Tree Oil

Ibu perlu mencampur minyak almond dengan tea tree oil dengan perbandingan 10: 1. Oleskan campuran ini ke kulit kepala bayi dan cuci dengan sampo setelah 20 menit. Serpihan kulit akan melembut dan lepas saat Ibu menyisir rambut.

Sampo Khusus

Dokter sering merekomendasikan menggunakan sampo khusus untuk merawat kerak kepala bayi dan balita. Kandungan asam belerang dan salisilat di sampo menghilangkan kerak kepala bayi. Sampo ini juga mengandung tar, yang efektif dalam mengeluarkan kulit kering dari kepala.

Krim Hydro-kortison

Jika kerak kepala bayi susah hilang, maka Ibu bisa menggunakan krim ini, terutama jika Ibu ingin menghilangkan kerak dalam sehari. Ibu cukup mengoleskan krim hidrokortison ke kepala bayi. Gunakan krim sebelum anak tidur di malam hari dan setelah mandi di pagi hari. Namun, jangan menggunakannya secara berlebihan, karena mengandung steroid.

Baca juga: Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

Bubuk soda kue

Baking soda bersifat basa dan memiliki kemampuan menyerap minyak. Campur air dengan baking soda dan oleskan di kepala balita. Cuci bersih setelah 15 menit. Ibu akan merasa mudah untuk melepaskan serpih saat Ibu menyikat rambut dengan sisir bergigi lebar.

Cradle cap biasa terjadi pada bayi, jadi Ibu tidak punya alasan untuk khawatir. Ibu bisa memilih pengobatan di rumah ini untuk menghilangkan kulit bersisik dari kulit kepala anak. Namun, jika kulit kering tidak hilang setelah diulang-ulang, Ibu harus berkonsultasi ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: