Cara Menurunkan Panas pada Bayi 8 Bulan

Cara Menurunkan Panas pada Bayi 8 Bulan

Si kecil demam dan Ibu sedang mencari cara menurunkan panas pada bayi 8 bulan? Ikui terus artikel ini ya, Bu, untuk mendapatkan bantuan menurunkan demam pada bayi 8 bulan Ibu.

Panas atau demam pada bayi adalah gejala dan sekaligus respon sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh melawan infeksi. Demam ringan sampai 37.8 derajat Celcius pada bayi berusia 8 bulan biasanya tidak memerlukan perawatan. Tetapi jika sudah lebih dari 38 derajat, Ibu harus memberikan pengobatan yang tepat agar demam anak turun.Namun jika bayi masih cara menurunkan panas pada bayi 8 bulan.

Cara Menurunkan Panas pada Bayi 8 Bulan

Langkah 1

Berikan bayi  8 bulan Ibu obat penurun panas cair (sirup) yang sudah disetujui oleh dokter. Ibu bisa memilih parasetamol dengan dosis yang sudah ditentukan, atau bisa juga  acetaminophen atau ibuprofen. Namun Ibu harus ingat, aspirin bukanlah cara menurunkan panas pada bayi yang tepat. Ibu bisa menggunakan sirup drop yang dilengkapi dengan dosis. Tentukan dosis yang tepat berdasarkan berat badan bayi, bukan usia.

Langkah 2

Jangan kenakan pakaian tebal untuk bayi. Pakaikan pakaian tipis dengan popok. Ibu juga bisa menyelimutinya jika dia dingin atau tampak mendingin. Membungkus bayi dengan pakaian tebal malah bisa meningkatkan suhu tubuhnya.

Langkah 3

Jaga suhu di rumah agar bayi tidak kepanasan. Selain itu, jaga juga agar bayi tetap panas karena demam bisa membuatnya kedinginan.

Baca juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Langkah 4

Berikan minuman  kepada bayi untuk membantu mengurangi demam dan mencegah dehidrasi. Jus buah merupakan pilihan tepat karena selain mencegahnya dehidrasi, juga bisa menambah asupan vitaminnya.

Cara Menurunkan Panas pada Bayi 8 Bulan
Cara Menurunkan Panas pada Bayi 8 Bulan

Langkah 5

Mandikan bayi pada air suam-suam kuku dan bersihkan tubuhnya dengan kain lap. Usahakan air agar banyak sehingga tubuhnya terendam. Jangan gunakan air dingin, apalagi air es.  Namun terlalu sering mandi juga tidak bagus karena bisa membuat bayi tidak nyaman dan memicu bayi demam untuk menggigil lebih parah. Ingat, cara menurunkan panas pada bayi dengan menggunakan alkohol bukanlah pilihan bagus karena malah bisa membuat bayi kedinginan dan alkohol diserap kulit.

Hal yang akan Ibu butuhkan

  •     Parasetamol, asetaminofen anak atau ibuprofen
  •     Penetes obat
  •     Selimut ringan
  •     Lap mandi

Baca juga : Cara Mengatasi Kolik pada Bayi 6 Minggu

Tips Saat Anak Panas

Pembacaan suhu rektal adalah yang paling akurat untuk bayi berusia 8 bulan. Bacaan oral juga bagus, tapi strip dahi dan termometer telinga bisa jadi tidak akurat. Tunggu setidaknya 20 menit setelah bayi makan secara oral mengambil suhunya, dan pastikan dia tidak terbungkus saat Ibu mengetes panasnya. Jangan mengambil suhu bayi Anda tepat setelah mandi.

Peringatan

Hubungi dokter jika  bayi 8 bulan Ibu demam lebih dari dua hari, atau jika ada gejala yang menyertainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: