Cara Mengobati Mata Bintitan pada Bayi

Cara Mengobati Mata Bintitan pada Bayi

Timbil atau yang lebih dikenal sebagai bintitan merupakan bisul/ benjolan di kelopak mata. Bintitan bisa terjadi pada siapa saja, juga bayi. Bintitan ini tidak berbahaya karena bisa menjadi iritasi ringan dan bisa diobati dengan beberapa pengobatan di rumah. Namun tetap saja, sebagai orangtua, Ibu akan cemas, apalagi jika anak terganggu. Nah, pada artikel ini, Ibu akan mengetahui penyebab mata bintitan dan juga cara mengobati mata bintitan pada bayi.

Apa itu Bintitan pada Bayi?

Bintitan adalah benjolanmenyakitkan dan merah yang bisa terjadi pada kelopak mata bagian atas atau bawah bayi. Bintitan juga bisa terjadi pada bagian dalam atau luar kelopak mata; Bisa juga ditemukan di tepi kelopak mata atau di bulu mata juga.

 Penyebab Mata Bintitan pada Bayi

Bintitan atau benjolan merah di bawah kelopak mata sering dikenal sebagai chalazion, biasanya akan hilang sendiri dalam waktu seminggu.

  1. Kelopak mata memiliki banyak sekali kelenjar minyak, yang memproduksi minyak dan air mata untuk melumasi mata. kadang-kadang, kelenjar ini bisa tersumbat oleh kotoran, sel kulit mata, bakteri atau bahkan minyak yang lama. Karena itu, minyak yang diproduksi tidak bisa keluar dan menyebabkan infeksi kelenjar minyak di antara bulu mata mata.
  2. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan salah satu bentuk umum bakteri yang menyebabkan bintitan adalah Staphylococcus aureus.
  3. Seorang yang terkena bintitan tidak memerlukan perhatian medis dengan segera; Namun, jika terus berlanjut selama lebih dari dua minggu, maka sebaiknya Ibu mencari pertolongan medis.

Gejala Mata Bintitan Pada Bayi:

Bintitan mungkin menyakitkan untuk bayi karena bisul atau bintitan itu dipenuhi nanah.

  1. Selain rasa sakit, bayi akan menjadi tidak nyaman dan bahkan kesal karena merasa seolah ada partikel atau benda yangmengganjal di atas atau di bawah kelopak mata.
  2. Kadang-kadang, Ibu mungkin juga memperhatikan cairan putih atau kuning dari benjolan dan ini bisa membuat kelopak mata bayi sedikit berkerak.
  3. Berita terbaiknya adalah, bintitan akan sembuh sendiri dalam waktu seminggu.

Baca juga: Penyebab Kantung Mata Hitam Pada Bayi

Cara Mengobati Mata Bintitan pada Bayi
Cara Mengobati Mata Bintitan pada Bayi

Cara Mengobati Mata Bintitan pada Bayi

Biasanya bintitan akan sembuh dengan sendirinya selama seminggu. Selain itu, bintitan akan terbuka dan mengeluarkan kelebihan minyak di dalamnya. Namun Ibu bisa juga membantu bayi yang mengobati mata bintitan dengan menjaga kebersihan matanya.

Berikut adalah beberapa cara mengobati mata bintitan pada bayi yang biasa Ibu lakukan di rumah.

Kompres Air Hangat:

Salah satu cara mengobati mata bintitan pada bayi  adalah dengan air hangat. Rendam handuk bersih dengan air hangat, kemudian peras handuk. letakkan handuk basah ini di mata bayi.

  • Ulangi proses ini beberapa kali dalam sehari; Ini akan membantu mencairkan minyak dalam benjolan dan pada akhirnya akan keluar dengan sendirinya.
  • Selain itu, pastikan airnya tidak terlalu panas agar bayi tidak kepanasan.
  • Selain menggunakan handuk, Ibu juga bisa menggantinya dengan kapas.

Rendam Sampo

Membersihkan mata memang merupakan cara mengobati mata bintitan pada bayi yang ampuh. Ibu bisa menggunakan sampo bayi, yang tidak mengiritasi mata.  Ibu bisa membersihkan mata bayi  dengan menggunakan kapas bersih yang dicelupkan ke dalam larutan sampo bayi yang encer. .

  • Shampo bayi ini aman, karena dibuat sedemikian rupa sehingga tidak menyakiti mata bayi.
  • Ibu juga bisa menggunakan sabun scrub mata yang tersedia di toko obat terkemuka.

Scrub Eye Khusus

Ibu juga bisa membersihkan kelopak mata dengan sabun scrub eye khusus (tersedia di toko obat). Rendam kapas di larutan dan gunakan untuk membersihkan kelopak mata bayi.

Gunakan kantung teh hangat

Alih-alih menggunakan kompres kain hangat,  Ibu juga bisa menggunakan teh celup hangat. Teh hitam bekerja paling baik karena membantu mengurangi pembengkakan dan memiliki beberapa sifat antibakteri.

Rebus air dan letakkan teh celup di cangkirnya seolah-olah Ibu sedang membuat teh untuk diminum. Rendam sekitar satu menit. Tunggu sampai teabag mendingin dan suhunya cukup untuk diletakkan di atas mata bayi dan biarkan  5 sampai 10 menit. Gunakan teh celup terpisah untuk setiap mata.

Selain itu, jika memungkinkan,  Ibu bisa juga mengoleskan lendir lidah buaya pada mata bayi. Lidah buaya mengandung zat anti implamasi, anti bakteri dan juga menyegarkan.

Baca juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Bagaimana jika Bintitan tambah buruk?

Bintitan biasanya membaik selama beberapa hari. namun jika semakin parah, maka sebaiknya Ibu memanggil dokter.  Dokter mungkin memberi krim antibiotik atau salep khusus.  Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter mungkin membuat luka kecil di kelopak mata untuk mengeluarkan minyak yang tersumbat.

Bisakah Bintitan Dicegah?

Ibu memang memiliki beberapa cara mengobati mata bintitan pada bayi, tetapi alangkah baiknya jika Ibu bisa mencegah bintitan datang.  Jika bayi pernah menderita bintilan, maka besar kemungkinan dia akan terkena bintilan di masa depan. Untuk mencegahnya, maka yang harus Ibu lakukan adalah menjaga kebersihan kelopak mata. Kebersihan yang baik bisa mencegah bintilan. Selalu cuci tangan sebelum menyentuh mata bayi dan ajarkan dia untuk melakukan hal yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: