Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi – Salah satu kendala yang dialami oleh para ibu adalah bayi digigit nyamuk. Gigitan nyamuk ini benar-benar bisa menyengat dan meninggalkan bekas. Bekas gigitan nyamuk pada bayi ini memang bisa menghilang dengan sendirinya tetapi memerlukan waktu beberapa hari agar benar-benar menghilang sempurna. Ini membuat kulit bayi tampak merah dan sangat menganggu. Nah, sebagai tambahan informasi, artikel ini akan menyajikan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada Bayi.

Gigitan nyamuk akan mengakibatkan rasa gatal dan menyebabkan pembengkakan. Hal ini akan membuat membuat bayi menjadi rewel dan mudah marah. Bayi digigit nyamuk ini merupakan hal biasa, akan tetapi akan jadi mengkhawatirkan jika disertai demam tinggi. Beberapa penyakit bisa diakibatkan oleh gigitan nyamuk seperti malaria, demam berdarah dan chikungunya.

Bisakah Bayi Terinfeksi Saat Digigit?

Berikut adalah cara untuk mengetahui apakah gigitan nyamuk telah menginfeksi bayi dengan suatu penyakit atau tidak:

  • Gigitan biasanya berubah menjadi infeksi saat bakteri masuk ke tubuh.
  • Ini terjadi saat nyamuk menggigit bayi, atau saat ia menggaruknya.

Bila terjadi, periksa gejala berikut ini:

  • Bagian kemerahan disekitar area gigitan nyamuk.
  • Benjolan tegas
  • Periksa suhu bayi, jika ia menderita demam tinggi.
  • Jika Ibu mencurigai adanya infeksi, segera bawa dia ke dokter.
  • Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, anak bisa mengalami gejala kondisi serius seperti ensefalitis (pembengkakan otak) atau bahkan meningitis.

Jika bayi tampak bingung atau mengalami demam tinggi dan leher yang kaku, bawa ke rumah sakit.

Cara Mencegah Bayi Digigit Nyamuk

Meskipun sudah melakukan perawatan konstan, semua anak rentan terhadap gigitan nyamuk. Seperti kata pepatah, ‘Pencegahan lebih baik daripada mengobati’, Ibu selalu dapat melakukan tindakan pencegahan berikut untuk memastikan bahwa si kecil aman dari nyamuk:

  • Hindari membawa bayi ke daerah yang dipenuhi nyamuk atau ke tempat di mana nyamuk biasanya berkumpul, seperti tong sampah, permen yang tidak ditutup dan kebun yang lembab.
  • Jika hendak mengajak bayi keluar, maka sebaiknya lakukan di siang hari. dan tetap ajak bayi di dalam ruangan ketika hari sudah gelap untuk mencegah serangan nyamuk.
  • Bersihkan area halaman dan rumah, jangan sampai ada lubang atau sampah yang bisa menyebabkan genangan air tempat berkembang biaknya nyamuk.
  • Ibu selalu bisa mengoleskan lotion penangkal nyamuk untuk bayi. Pilihlah lotiin yang aman untuk bayi dan baca aturan pakainya.
  • Jika terpaksa mengajak bayi keluar malam, atau ke tempat-tempat yang bisa saja dipenuhi nyamuk, maka bayi harus mengenakan celana panjang dan baju lengan panjang. Jangan pakaikan warna cerah karena bisa menarik nyamuk.

Baca juga: Cara Mengatasi Bayi yang Muntah Lewat Hidung

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi
Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Perawatan untuk Gigitan Nyamuk.

Gigitan nyamuk bisa menyebabkan rasa sakit dan juga gatal. Berikut adalah beberapa perawatan mudah yang bisa Ibu lakukan:

  • Jika Ibu melihat nyamuk menggigit tangan si kecil, usap bagian itu dan segera kompres dengan es untuk memastikan area itu tidak gatal atau bengkak. Deodoran berbasis klorida aluminium juga sangat berguna karena membantu mengecilkan gigitan dalam waktu singkat.
  • Untuk mengurangi rasa gatal yang ditinggalkan nyamuk, Ibu selalu bisa mengoleskan losion calamine atau krim hidrokortison yang efektif untuk menghilangkan gigitan yang disebabkan oleh nyamuk.
  • Hubungi dokter jika Ibu melihat tanda-tanda infeksi pada gigitan. Pembengkakan, nanah atau bahkan kemerahan bisa menjadi tanda peringatan bahwa Ibu perlu membawa bayi ke dokter.
  • Cegah bayi menggaruk daerah sekitar gigitan nyamuk. Kuku kecil dan tajamnya bisa dengan mudah melukai kulit sekitar gigitan dan membuat bakteri masuk melalui pori-pori yang terbuka. Potong kuku jarinya, terutama jika sudah panjang.

Baca juga: Cara Memotong Kuku Bayi agar tidak Tajam

Cara Mengobati Gigitan Nyamuk pada Bayi

Banyak bahan alami di rumah yang berguna untuk Ibu. Berikut beberapa bahan yang bisa membantu Ibu meringankan rasa sakit akibat gigitan nyamuk.

  • Oleskan sedikit cuka ke daerah yang terinfeksi. Jika bayi digigit nyamuk di banyak bagian tubuhnya, tambahkan beberapa sendok teh cuka ke bak mandi si kecil saat mandi.
  • Gosokkan sabun kering pada gigitan segera setelah terjadi. Ini akan memberikan solusi untuk rasa gatal akibat gigitan nyamuk.
  • Oleskan sedikit pasta gigi peppermint ke daerah yang terkena. Biarkan pasta mengering di daerah tersebut sebelum membersihkannya.
  • Sejumlah kecil madu mentah juga efektif saat menghilangkan gigitan nyamuk. Madu memiliki sifat antimikroba yang membantu mencegah infeksi dalam bentuk apapun.
  • Buatlah pasta garam dengan sedikit garam dan air. Oleskan pasta langsung ke gigitan nyamuk untuk segera menghilangkan rasa gatal.
  • Lidah buaya juga efektif dalam menghilangkan pembengkakan akibat gigitan nyamuk. Ini juga membantu menyembuhkan luka yang disebabkan oleh gigitannya.
  • Bawang bisa membuat kita menangis, tapi berguna untuk menghilangkan sengatan gigitan nyamuk. Pastikan Ibu mencuci daerah itu sekali sesudahnya.
  • Usapan beberapa tetes jus lemon ke area yang tergigit juga membantu,  terutama karena kandungan asam dan Vitamin C hadir di dalamnya.

Gigitan nyamuk bisa menyebabkan benjolan dan bahkan bisa menyebabkan penyakit serius, jika tidak segera diurus. Hal itu mungkin membuat si kecil sakit. Jadi pastikan Ibu mengikuti semua tindakan pencegahan dan tetap aman.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi,

Setelah rasa gatal akibat gigitan bisa diatasi, selanjutnya adalah bekasnya. Berikut beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang bisa Ibu coba.

Lemon salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi  adalah dengan lemon. Penggunaan jus lemon, Gosokkan jus lemon atau perasan air lemon pada bekas gigitan.  Biarkan 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi  2-3 kali sehari. Hindari pemakaian terlalu panjang karena kandungan vitamin C dalam jeruk lemon tinggi, sehingga bisa, menyebabkan iritasi.

Minyak Lavender,  Penggunaan minyak lavender. Oleskan pada bagian yang memerah selama 15-20 menit lalu bilas dengan air. Ulangi  2-3 kali sehari.

Kulit Buah, Gunakan kulit pisang dan kulit semangka. Gosokan kulit buah itu ke kulit, diamkan beberapa lama lalu bilas dengan air dingin.

Kentang. Salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi adalah dengan menggunakan kentang. Ibu cukup memanfaatkan kulitnya saja. Caranya, kupas satu buah kentang dan gunakan bagian dalam kulit kentang untuk mengobati luka akibat gigitan nyamuk pada kult bayi. Kulit kentang baik untuk menghilangkan bintik-bintik merah tersebut, sebab kentang mengandung potassium dan vitamin C yang ampuh menghilangkan bekas luka. Cara ini adalah cara alami yang bisa diaplikasikan pada kulit bayi dengan perlahan.

Gel Lidah Buaya, cukup oleskan gel dari lidah buaya selama beberapa jam.

Parutan Ketela Pohon, cukup letakan parutan ketela pohon pada kulit bayi yang memerah, diamkan sampai kering dan kemudian bilas.

Teh Hijau, seduh teh hijau dengan air hangat. Lalu usapkan atau seka bekas gigitan nyamuk dengan air ini.

Lakukan salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi di atas dengan teratur, hingga noda kehitaman menghilang dan kulit bayi kembali sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: