Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering pada Bayi

Beberapa cara mengatasi kulit kepala kering pada bayi, penyebab kulit kepala bayi kering, dan tip mencegah kulit kepala bayi kering.

Kulit kepala kering merupakan salah satu masalah pada bayi. Selain itu, kulit kepala bayi juga kadang mengelupas. Selain kulit kepala kering, Ibu juga kerap melihat kerak di kepala bayi yang biasa disebut dengan cradle cap. Namun, apakah kulit kering itu sama halnya dengan cradle cap?

Apakah Cradle Cap/ Kerak Kepala  sama dengan Kulit Kepala Kering?

Beberapa orang mengira bahwa kulit kepala kering sama dengan cradle cap. Namun ternyata, kulit kepala kering itu berbeda dengan cradle cap. Cradle cap, yang disebut ketombe pada bayi, disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak.

Namun kulit kepala kering (seperti namanya) adalah kulit yang menjadi kering karena suatu alasan. Ada beberapa penyebab kulit kepala bayi kering, seperti penggunaan produk perawatan rambut atau kondisi medis, seperti psoriasis kulit kepala, eksim, atau infeksi jamur (kurap, ketombe, dll.) Pada kondisi kulit kepala kering, pori-pori kulit mungkin tersumbat sehingga minyak alami atau sebum, tidak dapat mencapai permukaan kulit.

Selain itu, dari penampakan, cradle cap tampak sangat berbeda.  Perbedaan utama antara cradle cap dan kulit kepala kering adalah warna (kuning vs putih), produksi minyak, dan posisi (soft spot vs di mana saja pada kulit kepala). Cradle cap terutama dialami oleh bayi, dan anak-anak di bawah lima tahun, rata-rata.

Orang dewasa juga dapat menderita cradle cap, tetapi itu jauh kurang umum.

Kulit kepala kering seringkali gatal dan menyebabkan serpihan putih kecil. Warnanya bisa memerah dan bengkak jika Ibu menggaruk terlalu keras.

Untuk mengetahui cara merawat cradle cap, baca postingan : Cara Merawat Kerak Kepala Bayi dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering pada Bayi

Ada banyak hal yang menjadi penyebab kulit kepala bayi kering. Namun alasan umum adalah karena bayi terlalu sering keramas dengan air atau sampo. Keramas terlalu sering bisa mengupas pelembab alami rambut. Ibu hanya perlu mencuci rambut bayi paling banyak tiga kali seminggu.

Jika kulit kepala si kecil kering, Ibu bisa menggunakan beberapa langkah berikut untuk mengatasinya. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut cara mengatasi kulit kepala kering pada bayi.

Pertama, Ibu bisa mengatasi kulit kepala kering dengan minyak. Minyak akan membuat kepala si kecil terhidrasi, menembus lapisan kulit kepala dan membersihkan sumbatan pori-pori. Ibu bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak sayur, baby oil atau petroleum jelly. Taruh beberapa tetes minyak zaitun di ujung jari Ibu dan kemudian pijat lembut ke kulit kepala bayi. Dengan menggunakan tekanan lembut, buat gerakan melingkar kecil dengan ujung jari Ibu.

Biarkan minyak bertahan di kulit kepala bayi sekitar 15 menit. Ini akan melembabkan kulit kepala bayi yang kering dan akan membantu mengangkat kulit bersisik.

Selanjutnya, Ibu bisa menggunakan sikat bayi yang lembut. Gunakan gerakan melingkar kecil seperti yang Ibu lakukan dengan jari-jari sebelumnya. Bulu sikat yang lembut dan gerakan memutar akan membantu melonggarkan kulit yang kering sehingga Ibu bisa dengan mudah membersihkannya.

Setelah menyikat, gunakan sampo bayi ringan untuk mencuci rambut bayi. Oleskan sampo, dan biarkan selama beberapa menit sambil memandikan bayi. Dengan begitu, sampo memiliki cukup waktu untuk memecah minyak sehingga akan mudah membasuh rambut bayi.

Setelah selesai, pastikan membilas sampo sebisa mungkin karena residu sampo dapat menyebabkan lebih banyak kekeringan dan iritasi.

Untuk menjaga agar kulit kepalal bayi tidak mengering lagi, Ibu bisa menggunakan lapisan tipis minyak zaitun di antara shampoo untuk menjaga kulit kepala bayi tetap lembab setiap hari.

Baca juga: Sampai Umur Berapa Bayi Begadang Malam?

 

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering pada Bayi
Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering pada Bayi

Beberapa Tips untuk Mencegah Kulit Kepala Kering

Seperti yang tertulis di atas, memang ada beberapa cara mengatasi kulit kepala kering pada bayi. Namun seperti kita tahu, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa tips untuk membantu mencegah kulit kepala kering.

Gunakan Pelembab

Jika Ibu mengaplikasikan pelembab, maka lakukan selagi rambut bayi masih basah. Hal ini akan membantu menjaga kelembapan dan mencegah kulit si kecil menjadi kering dan bersisik.

Gunakan Humidifier

Menggunakan humidifier di kamar bayi bisa membantu mencegah kulit kering – terutama di musim dingin. Udara lembab (seperti dari sistem pemanas sentral) akan menghilangkan kelembaban dari kulit mereka. Humidifier akan membantu menyeimbangkan ini.

Pertimbangkan Mengganti Susu Formula

Kadang-kadang dermatitis pada bayi disebabkan oleh alergi susu formula. Untuk kasus yang parah dan berulang, mengganti dengan formula hypoallergenic seperti Nutramigen atau Alimentum dapat membantu meringankan gejala.

Tambahkan Minyak Omega-3

Kebanyakan orang tahu bahwa minyak ikan adalah salah satu yang disebut “Wonder Foods”.  Namun tidak banyak yang tahu bahwa minyak ini juga bisa ditambahkan ke susu formula untuk membantu kulit kepala kering.

Omega-3 pada minyak ikan memiliki banyak sifat anti-inflamasi, dan itu akan sangat membantu jika si kecil memiliki kulit kepala yang kering, mudah teriritasi. Menambahkan 500 mg minyak ikan sebanyak satu kali sehari ke formula anak benar-benar dapat membantu.

Namun sebelumnya, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter anak untuk merek minyak ikan yang direkomendasikan terlebih dahulu.

Pakaikan Bayi Topi

Saat berada di bawah sinar matahari, Ibu bisa memakaikan topi pada bayi untuk membantu mencegah kulit menjadi terbakar matahari dan mengering.

Konsultasikan dengan dokter anak jika kulit kepala bayi merah, gatal atau bengkak, minta dokter untuk menilai kondisi kulit kepala sebelum mencoba perawatan rumahan.

Baca juga: Kenapa Bayi Baru Lahir Nafas Laju?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: