Cara Mengatasi Kolik pada Bayi

Cara Mengatasi Kolik pada Bayi 6 Minggu

Menurut MayoClinic.com, bayi dicurigai mengalami kolik jika bayi yang berusia 6 minggu menangis dalam waktu yang lama pada waktu yang sama setiap hari. Ibu mungkin juga menganggap kolik jika bayi menangis lebih dari tiga jam sehari, tiga hari dalam seminggu dan lebih dari tiga minggu. Kolik biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat. Jika bayi 6 minggu menderita kolik, Ibu mungkin merasa frustrasi karena tidak tahu cara mengatasi kolik pada bayi Ibu. Beberapa pengobatan sederhana di rumah bisa membantu menenangkan bayi sampai kolik hilang. Mungkin diperlukan beberapa trial and error untuk menentukan apa yang terbaik untuk bayi Anda.

Cara Mengatasi Kolik pada Bayi 6 Minggu

Langkah 1

Susui bayi lebih sering. MayoClinic.com merekomendasikan untuk menawarkan ASI atau susu formula lebih sering agar bayi tetap kenyang dan puas. Tahan posisi bayi agar tetap dalam posisi tegak dan ingat untuk menyendawakannya demi membantu meringankan ketidaknyamanan perut.

Langkah 2

Gendong bayi dan berjalanlah bersamanya. Buatlah agar dia tetap bergerak. Letakkan bayi di ayunan bayi atau kursi bergetar untuk memberikan gerakan konstan. Atau Ibu juga bisa mendudukkannya di car seat lalu bawa ia berjalan-jalan untuk memberinya perasaan bergerak.

Langkah 3

Cara mengatasi kolik pada bayi selanjutnya adalah dengan memainkan musik. Memainkan beberapa CD musik lembut untuk anak berusia 6 minggu bisa memberikan kenyamanan yang sama dengan mengajaknya selalu bergerak (langkah 2). Nyanyikan lagu bayi sebagai cara lain untuk membuatnya nyaman.

Langkah 4

Gosok punggung bayi. Tengkurapkan bayi di atas selimut atau di pangkuan Ibu dan berikan gosokkan lembut pada punggungnya. Atau Ibu bisa juga memandikannya dengan air hangat ketika menggosok punggungnya.

Baca juga : Cara Mengatasi BAB Berdarah pada Bayi

Cara Mengatasi Kolik pada Bayi
Cara Mengatasi Kolik pada Bayi

Langkah 5

Tahan dan peluk bayi merupakan salah satu cara mengatasi kolik pada bayi 6 minggu. Jaga agar bayi tetap dekat, karena bisa menenangkannya saat dia sedang menangis. Gunakan selempang bayi atau gendongan bayi sehingga Ibu bisa melepaskan tangan dan terus memeganginya.

Langkah 6

Nyalakan sumber white noise untuk menenangkan bayi. Ibu bisa menghidupkan penyedot debu untuk membuat suara bising yang bisa mendorong bayi untuk berhenti menangis. Selain penyedot debu, Ibu juga bisa menggunakan kipas angin atau CD suara alam. Atau ada juga mesin khusus pembuat white noise.

White noise adalah kombinasi berbagai suara dari berbagai frekuensi. Karena itu, white noise dapat “menutupi” suara-suara yang mengganggu ketenangan tidur, misalnya suara orang berbicara, suara pintu dibuka, serta suara aktivitas lainnya.

Ketika bayi masih berada di dalam rahim, ia dikelilingi oleh cairan ketuban. Suara-suara yang ada di luar rahim, terdengar mirip dengan white noise. Selain suara-suara tersebut, ia juga mendengar detak jantung ibu, suara bernafas ibu, suara ibu berbicara, dan suara ibu bernyanyi. Karena suara white noise mirip dengan suara yang ia dengan ketika masih berada di dalam rahim, bayi yang sedang menangis dapat berhenti menangis bisa mendengarkan white noise.

Langkah 7

Bedong bayi dengan selimut dan baringkan dia di ruangan yang gelap. Beberapa bayi membutuhkan penurunan stimulasi untuk menenangkan mereka. Hilangkan benda-benda yang bisa menstimulasi bayi dari ruangan untuk membantu bayi melakukan relaksasi.

baca juga : Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Hal yang akan Ibu butuhkan untuk menenangkan bayi kolik adalah:

  • Ayunan bayi atau kursi bergetar
  • Kursi mobil
  • Musik
  • Penyedot debu
  • Selimut
  • Dot
  • Baby sling atau baby carrier

Tips
Mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk menggantikan Ibu untuk sementara waktu agar Ibu juga bisa beristirahat dari tangisan bayi dan tidak stres. Berjalan-jalan atau pergi untuk berbelanja singkat untuk membantu membersihkan pikiran dan rileks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: