Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir sering mengalami cegukan cegukan. Syukurnya, si bayi sendiri sepertinya tidak terganggu oleh cegukannya. Sebenarnya, ketika bayi masih dalam kandungan dan juga setelah lahir selama setahun pertama hidupnya, cegukan pada bayi itu adalah hal normal. Namun jika Ibu khawatir karena bayi baru lahir mengalami cegukan, berikut  cara mengatasi cegukan pada bayi baru lahir yang bisa Ibu coba.

Baca juga: Mengetahui Penyebab Bayi Cegukan

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi Baru Lahir

Langkah 1

Susui bayi. Menyusui dapat membantu diafragma anak agar menjadi rileks dan menghentikan cegukan dengan cepat.

Langkah 2

Sendawakan bayi. Ketika bersendawa di sela-sela waktu menyusu, maka udara yang terperangkap di perut bayi akan keluar. Bersendawa bisa membantu meredakan sakit perut dan juga kelebihan gas yang bisa menyebabkan cegukan.

Baca juga : Cara Membuat Bayi Bersendawa

Langkah 3

Pegang bayi dalam posisi tegak dan lurus sampai 15 menit setelah menyusui. Tetap tegak akan menjaga diafragma di posisi alami sehingga mencegah otot  berdenyut. Ibu juga bisa menepuk punggungnya dengan lembut untuk membuatnya bersendawa, yang akan mengeluarkan udara yang tertelannya saat menyusui. Ini akan bekerja pada relaksasi diafragma sehingga mengurangi kemungkinan cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi baru lahir
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi baru lahir

Langkah 4

Pijat punggung bayi. Ini adalah cara mengatasi cegukan pada bayi baru lahir yang lebih praktis. Posisikan bayi  dalam posisi duduk tegak dan gosok perlahan bagian bawah punggungnya sampai ke bahunya dengan gerakan melingkar. Untuk bayi lebih tua, Ibu bisa menelungkupkannya di permukaan yang lembut dan kenyal, seperti kasur. Usahakan memijat dengan lembut dan jangan terlalu banyak tekanan. Idenya di sini adalah melonggarkan ketegangan diafragma, yang bisa membebaskannya dari cegukan.

Langkah 5

Alihkan perhatian bayi, terutama untuk bayi yang lebih tua. Kapan pun bayi mengalami cegukan, cobalah mengalihkan perhatiannya dengan aktivitas permainan atau dengan menggetarkan mainan kesukaan di depannya. Cegukan disebabkan oleh kejang otot, yang bisa dipicu oleh impuls saraf. Perubahan rangsangan saraf melalui sentuhan (seperti pijatan) atau melalui beberapa masukan sensoris (melihat mainan favorit) bisa menundukkan frekuensi cegukan bayi walaupun mungkin tidak sepenuhnya menghentikannya.

Langkah 6

Berikan anak sesuatu untuk disedot. Mengisap empeng merupakan salah satu cara mengatasi cegukan pada bayi.

Cara Mencegah Bayi Cegukan.

Langkah 1

Susui bayi saat dia tenang. Jangan tunggu hingga dia kelaparan dan bahkan menangis. Bayi yang terlalu lapar akan mengisap udara sambil menangis, yang bisa menyebabkan cegukan dan masalah gas.

Susui bayi dalam jumlah kecil dalam jangka waktu yang lebih lama ketimbang menyusui banyak dalam sekali duduk. Cara ini akan membantu mencegah overfeeding yang menyebabkan cegukan pada bayi.

Langkah 2

Hindari makanan yang bisa memicu cegukan. Jika Ibu menyusui, beberapa makanan dalam makanan Ibu mungkin menyebabkan gas dan cegukan pada bayi yang disusui.  Cobalah menghilangkan produk susu dari makanan Ibu jika si bayi menderita cegukan yang sangat sering. Produk olahan susu merupakan penyumbang paling umum sensitivitas ASI pada bayi baru lahir.

Langkah 3

Jaga agar bayi tetap hangat karena cegukan sering disebabkan oleh perubahan suhu mendadak yang menyebabkan tubuh bayi menjadi dingin.

Langkah 4

Pegang bayi dalam posisi vertikal saat memberi ASI / botol, pada sudut 35 sampai 45 derajat, karena ini akan memungkinkan kelancaran aliran susu melalui kerongkongan.

Langkah 5

Jika bayi sudah cukup umur untuk duduk, maka Ibu bisa memberi susu botol kepadanya dalam posisi duduk. Duduklah di belakangnya untuk menopang punggungnya. Makan sambil duduk akan memastikan gravitasi hanya menarik makanan, bukannya udara.

Langkah 6

Bersihkan dan cuci botol bayi secara teratur untuk mencegah penumpukan padatan susu pada puting susu.Penyumbatan saat menyusui dapat menyebabkan bayi mengisap lebih banyak udara daripada susu sehingga menyebabkan cegukan.

Langkah 7

Jangan pernah membiarkan bayi tidur saat menyusu dengan botol. Tidak seperti payudara, dimana susu hanya mengalir ketika dihisap, botol menyediakan tetes susu yang konstan. Selain meningkatkan risiko perut kembung, hal ini juga bisa menyebabkan overfeeding, yang pada gilirannya dapat menyebabkan cegukan.

Baca juga: Cara Menenangkan Bayi Menangis

Jika semua cara mengatasi cegukan pada bayi baru lahir ini gagal, cobalah untuk rileks dan menunggu. Cegukan pada bayi baru lahir normal dan pada akhirnya akan sembuh sendiri. Cegukan juga tidak mengganggu anak dan Ibu tidak perlu melakukan apapun untuk menghilangkannya.

Peringatan:

Jangan mencoba dan menyingkirkan cegukan bayi dengan mengejutkannya atau menggunakan obat tradisional lainnya. Jika cegukan bayi disertai dengan muntah atau batuk, bawalah ke dokter untuk memastikan dia tidak menderita penyakit pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: