bayi menangis

Cara Menenangkan Bayi Menangis yang Efektif

Cara menenangkan bayi menangis – Selain karena keterbatasan kemampuan komunikasi, bayi menangis juga terjadi karena banyak penyebab. Memastikan apa penyebab bayi menangis saat penting agar Ibu bisa menentukan cara menenangkan bayi menangis.

Penyebab umumnya bisa dibaca di: Penyebab Bayi Menangis – Kenali Tandanya, Bu

 

Cara Menenangkan Bayi Menangis

Membungkus’ bayi / Bedong

‘Membungkus’ bayi dengan kain lembut dari leher hingga kaki sudah dipraktekkan ribuan tahun lalu untuk menenangkan bayi. Menurut banyak orangtua, ini merupakan cara agar bayi lebih merasa nyaman dan aman.

Jika Ibu mencoba cara ini, pastikan tidak membungkus bayi dengan lurus. Biarkan kakinya seperti katak dan bukan lurus saat dibungkus kain.

Cara ini efektif karena bayi yang baru lahir mungkin membutuhkan perasaan hangat dan nyaman yang ia alami di rahim. Membedong bayi saat ia  tidur akan membuatnya merasa seperti di dalam rahim.

 

Mengayunkan dan Menyanyi

Gedong bayi dan ayunkan secara perlahan ke arah samping merupakan cara menenangkan bayi menangis biasa yang dilakukan. Hal ini sudah dilakukan secara turun temurun, dan secara ilmiah juga mampu menenangkan bayi.

Nyanyikan lagu-lagu untuk membantu membuatnya terhibur.

  • Jangan terlalu berkecil hati jika suara Ibu kurang merdu, bayi biasanya belum terlalu peduli dan baginya Ibu adalah satu-satunya penyanyi bintang.
  • Ibu bahkan bisa berbicara dengan si dengan suara lembut. Mendengar suara berirama akan membantunya untuk tenang.
  • Ibu juga bisa memainkan musik untuk menenangkannya. Pasang musik dalam volume rendah dan pastikan Ibu tidak mengguncang bayi secara berlebihan.

Suara pengering rambut / White Noise

  • White noise merupakan suara-suara yang biasanya membantu bayi agar bisa lebih tenang. Suara pengering rambut dan air mengalir menghasilkan suara ini dan biasanya banyak bayi yang tenang setelah mendengar bunyi itu. Kondisi ini juga dialami bayi pada saat di rahim. “Saat di rahim, bayi dikelilingi deru aliran darah di sekitar plasenta. Sehingga kehadiran suara pengering rambut, deru mobil, air mengalir bisa membuatnya tenang. Bahkan kini, sudah banyak aplikasi yang meniru suara peralatan rumah tangga.

Baca juga : Mengatasi Kolik pada Bayi 6 Minggu

Membisikkan kata ‘shussh’ di telinganya

Gending bayi dan bisikkan kata ‘shussh’ ke telinga bayi. Suara ini bisa menenangkannya dan memberinya perasaan bahwa bayi masih berada di dalam rahim.

Cara menenangkan bayi menangis

Cara Menenangkan Bayi Menangis Lainnya

Jalan-jalan keluar rumah

Bila masih saja bayi menangis, coba ajak dia jalan-jalan keluar rumah. Pemandangan baru, udara segar, dan hal-hal baru bisa membuat bayi terstimulasi jadi lebih tenang. Selain dengan berjalan kaki dan mendorongnya di stroller, Ibu bisa mengajaknya berjalan-jalan dengan naik mobil. Tindakan bergerak yang mantap di mobil mirip dengan perasaan bayi di rahim. Tempatkan bayi di car seat agar ia tetap nyaman.

Atau gendong bayi dengan gendongan. Hal ini akan membantu menenangkan bayi karena bayi suka mendengarkan detak jantung dan juga sentuhan Ibu. sama halnya dengan yang ia dengarkan selama 9 bulan saat dalam kandungan.

Upayakan Bayi Bersendawa

Ketika bayi menangis, Ia bisa menelan banyak udara. Itu dapat membuatnya kembung dan tidak nyaman, lalu membuatnya menangis lebih keras. Cobalah gendong dengan posisi vertikal dan urut lembut punggungnya.

Posisi klasik (kepala bayi di atas bahu Ibu) kerap efektif  walaupun dapat membuat bayi gumoh di punggung. Metode lain: baringkan bayi dengan kepala di bagian lutut, atau tarik bayi menyerupai gerakan sit-ups  dengan salah satu lengan  mendukung dada dan leher nya.

Baca juga : Cara Membuat Bayi Bersendawa Setelah Minum

Pijat dan Mandi

Suara air yang mengalir dan hangatnya air di kulit dapat menjadi solusi untuk mengatasi tangisan bayi. Atau Ibu bisa ikut mandi bersamanya karena kontak kulit juga bermanfaat dalam menenangkan bayi.

Pijat atau sentuhan bisa menstimulasi reseptor perasaan nyaman di otak bayi. Penelitian juga menunjukkan bahwa sentuhan lembut di sepanjang tubuhnya lebih efektif dibandingkan sentuhan pendek dengan gerakan cepat. Sentuh juga pipi, punggung, kaki, atau perut bayi Anda.

Pemijatan diikuti dengan mandi air hangat akan membantunya bersantai dan menghilangkan otot-ototnya dari rasa sakit.

Alihkan Perhatian

Bila bayi tidak bisa berhenti menangis, tunjukkan kepadanya sesuatu yang baru untuk mengalihkan perhatiannya. Sesuatu ini bisa berupa mainan baru, suara baru, hewan peliharaan atau sesuatu yang ditunjukkan kepadanya dengan cara baru.

Meskipun tidak ada satu metode tunggal yang bekerja untuk menenangkan bayi, selama periode tertentu Ibu akan tahu cara mana yang berhasil untuk si bayi. Ubahkah setiap metode setiap 5 menit jika si kecil tetap tidak berhenti menangis.

Kuncinya adalah tetap tenang. Jika Ibu merasa frustrasi, bayi akan menangkap getaran itu dan tidak dapat menenangkan diri. Jika Ibu cenderung tidak sabar atau hiper, mintalah bantuan orang lain untuk menenangkan si kecil. tenangkan diri dan setelah itu Ibu bisa mengambil alih lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: