Cara Membuat Bayi Bersendawa setelah Minum ASI

Bagi orang dewasa, bersendawa mungkin terdengar kurang sopan, tetapi berbeda halnya bagi bayi. Bersendawa penting dari bayi dan juga memberi Ibu kepuasan besar bahwa si kecil sudah cukup dengan ASI.  Sebenarnya, mengeluarkan gas keluar dari perut sangatlah penting, karena itu Ibu harus mengetahui cara membuat bayi bersendawa setelah minum ASI atau susu formula.

Tapi kadang bersendawa bagi bayi tidaklah mudah. Berikut beberapa cara yang bisa Ibu lakukan:

Apa Itu Bersendawa?

Bersendawa adalah pelepasan gelembung gas dari kerongkongan melalui mulut. Terkadang, bersendawa mengeluarkan isi makanan bayi. Seperti disebut bersendawa basah atau erps.

Jika Ibu tidak membuat si kecil bersendawa, maka bayi bisa rewel karena ada gelembung udara yang terperangkap. Teruslah membaca untuk mengetahui berbagai alasan lainnya.

Mengapa Bayi Butuh Bersendawa?

Entah itu susu formula atau ASI, bayi menelan gelembung udara saat menyusui. Gelembung-gelembung ini terjebak di dalam perut, menyebabkan bayi rewel, muntah dan perut kembung pada bayi.

Cegukan dan rewel bisa menunjukkan bahwa bayi menelan udara bersama dengan susu. Makanan yang Ibu makan juga bisa menyebabkan rasa gatal pada bayi.

  • Bersendawa membantu melepaskan gas yang terperangkap dan memungkinkan bayi untuk tenang dan menyusu lebih lama.
  • Sering bersendawa membantu melepaskan udara dan membuat perut bayi nyaman.
  • Bersendawa sangat membantu jika bayi memuntahkan susu yang kental, kolik, dan menderita GERD (gastroesophageal reflux disease). Bersendawa secara berlebihan juga terlihat pada bayi dengan acid reflux.

Baca juga : Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi 6 Minggu

Kapan Menyendawakan Bayi?

Sendawakan bayi setelah minum ASI atau di antara sesi minum.Beberapa bayi sering bersendawa, tetapi bayi lain jarang melakukannya.

Karena itu, sendawakan bayi setiap si kecil butuh atau ketika dia merasa tidak nyaman. Misalnya, jika bayi menggeliat, rewel, menangis, atau menarik diri saat menyusu, cobalah untuk  membuat dia bersendawa. Secara umum, Ibu bisa membuat bayi bersendawa saat:

  • Saat bayi beralih menyusu di payudara yang lain.
  • Setiap bayi menyusu dari botol sejumlah 2 sampai 3oz (60 sampai 90ml).
  • Setiap 15 sampai 20 menit sambil makan.
  • Jika Ibu mendengar meneguk susu secara berlebih, hentikan menyusui dan sendawakan si kecil.
  • Jika perut bayi bergas atau kembung, maka sendawakan ia lebih sering.
  • Jika bayi rewel saat malam hari, tapi tidak tertarik untuk makan, dia mungkin akan mengamuk. Bantu dia bersendawa.

 

Apakah Bayi dengan Susu Formula Harus lebih sering bersendawa?

Bayi yang diberi makan botol cenderung mengisap banyak udara. Susu mengalir lebih cepat botol daripada payudara ibu sehingga memaksa bayi untuk menelan udara di antara tegukan yang rapat. Sebaliknya, bayi ASI biasanya menyusu perlahan, cukup waktu untuk menelannya. Dengan demikian, bayi yang mengonsumsi susu ibu tidak harus bersendawa sesering bayi yang diberi susu botol.

Namun, entah itu bayi yang menyusu langsung atau lewat botol, dua-duanya bisa menelan banyak udara. Jadi biasakan sendawakan bayi setelah menyusu. Jika bayi tidak bisa melakukan sendiri, maka Ibu harus membantu dengan menerapkan cara membuat bayi bersendawa berikut.

 

Cara Membuat Bayi Bersendawa.

Bersendawa bukan hal mudah bagi bayi, maka Ibu harus membantu. Berikut cara yang bisa Ibu lakukan untuk membuatnya lebih baik.

Di bagian dada atau bahu

  • Duduklah tegak dan genggam bayi di dada.
  • Biarkan dagunya menempel di bahu Ibu.
  • Topang bahu dan kepala bayi dengan satu tangan, dan gunakan tangan satunya untuk menggosok punggungnya.
  • Ini akan membebaskannya dari gelembung udara yang terperangkap.

Sebagai alternatif, pegang bayi di atas bahu Ibu, sehingga perutnya sedikit tertekan. Dukung dia dengan satu tangan, tepuk dan goosk punggungnya dengan tangan lain. Ciptakan tekanan lembut pada perut untuk membujuk udara keluar dari perut si kecil. Posisi ini cocok adalah cara membuat bayi bersendawa yang efektif.

cara membuat bayi bersendawa setelah minum

Bersendawa di Pangkuan

  • Dudukkan bayi di pangkuan, dengan wajahnya menjauh dari Ibu.
  • Dukung dada bayi dengan telapak tangan dan gunakan jari untuk memegang dagunya dan rahangnya tapi jangan sampai di tenggorokan.
  • Bungkukkan bayi ke depan, lalu gosok atau tepuk punggungnya dengan tangan yang lain.

cara membuat bayi bersendawa setelah minum ASI

Bersendawa sambil tertelungkup

Letakkan bayi di kaki Ibu dengan kepala menghadap ke bawah, tepat di lutut, di sudut kanan ke tubuh Ibu.

Gunakan satu tangan untuk menopang dagu dan rahang bayi. Jaga agar kepala sedikit lebih tinggi dari pada tubuh yang tersisa agar darah tidak mengalir deras ke kepalanya.

Tepuk atau gosok perlahan punggung bayi itu dengan tangan yang lain.

Ingat:

  • Sebelum membantu bayi bersendawa, siapkan kain, handuk atau lap pada dada Ibu karena bayi bisa saja memuntahkan sedikit susu.
  • Cara membuat bayi bersendawa saat sedang tidur tidak berbeda dengan bayi yang sedang terjaga.

Setelah makan, cobalah untuk menyendawakan bayi selama 10-15 menit. Ibu bisa mencoba lebih lama jika bayi memiliki GERD.

Jika bayi tidak bersendawa, maka itu berarti dia belum siap  atau mungkin tidak membutuhkannya. Lakukan nanti. tapi, jika bayi tampak tidak nyaman, maka cobalah ke posisi lain.

Tapi bagaimana jika tidak ada teknik yang berhasil? Jika membelai atau menggosok tidak bekerja untuk si kecil, cobalah memandikannya dengan air hangat atau pijat perut lembut. Saat memijat, gosokkan tangan ke atas perut dengan searah jarum jam.

Baca juga : Cara Merawat Bayi baru Lahir

Kapan Harus Mencari Saran Medis?

Jika bayi kesal bahkan setelah bersendawa, masalahnya mungkin bukan angin yang terperangkap tapi sesuatu yang lain. Dan jika si kecil muntah dalam jumlah besar setelah menyusui, segera dapatkan saran medis.

Mengapa Bayi Menangis Saat Bersendawa?

Terkadang, udara terjebak saat bayi mencoba untuk bersendawa. Hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan, bayi menangis, selain mengi, menarik kaki, rewel, mudah tersinggung, dan batuk.  Jangan panik. Cobalah teknik yang berbeda sampai bayi tenang.

Tips Meminimalkan Bayi Meneguk udara saat Minum

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk menghentikan bayi menelan banyak udara saat menyusui.

  • Posisi duduk: Buat bayi duduk dalam posisi tegak saat menyusu.
  • Pilih botol yang tepat: Jika Ibu memberi makan bayi menggunakan botol, gunakan botol anti-kolik. Botol ini dirancang untuk mencegah bayi tertelan. Selain itu, pilih botol dengan ukuran lubang yang tepat.
  • Jangan Dikocok  : Saat menyiapkan susu formula, jangan kocok campurannya dengan kencang. Getaran keras menghasilkan udara dalam botol. Sebaiknya, diamkan sejenak isi botol sebelum diberikan pada bayi.

 

Kapan Ibu Bisa Berhenti Menyendawakan Bayi?

Lakukan hal ini hingga si kecil berumur enam bulan. Setelah itu, dia akan belajar mengisap tanpa menelan banyak udara dan dengan demikian mengatasi kebutuhan akan bersendawa.

Tidak ada cara tercepat untuk bersendawa. Yang Ibu butuhkan adalah kesabaran dan teknik yang tepat!

Apakah Ibu memiliki cara membuat bayi bersendawa lainnya? Silakan berbagi di kolom komentar ya, Bu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: