Cara agar Telinga Tidak Sakit Saat Naik Pesawat

Cara agar Telinga Tidak Sakit Saat Naik Pesawat (Untuk Bayi)

Jika Ibu berencana mengajak bayi melakukan perjalanan udara, maka Ibu harus memastikan menyiapkan semuanya, termasuk cara agar telinga tidak sakit saat naik pesawat. Telinga sakit saat naik pesawat merupakan masalah orang dewasa dan juga bayi. Sayangnya, bayi belum bisa berdamai dengan rasa sakit ini, sehingga bisa menangis di sepanjang perjalanan.

Untuk itulah Ibu perlu menyiapkan semuanya. Tindakan pencegahan yang tepat bisa membuat sakit telinga bayi mampu diminimalisir. Nah, jika Ibu ingin perjalanan udara yang nyaman dan tanpa kerumitan, maka ikutilah tip berikut:

Cara agar Telinga Tidak Sakit Saat Naik Pesawat (Untuk Bayi)

Tutupi Telinga: Gunakan topi atau syal untuk menutupi telinga bayi atau balita saat bepergian. Sakit telinga terjadi karena tekanan yang tidak merata yang dirasakan telinga saat terbang. Saat kita berada di ketinggian 1000 kaki di atas permukaan laut, tekanan yang tidak sama tercipta di antara telinga luar dan dalam. Ada ruang kecil di telinga tengah (ruang kecil di belakang gendang telinga) yang biasanya dipenuhi udara dan membuat tekanan di telinga (telinga dalam dan luar)  tetap terjaga. Tabung Eustachian menghubungkan telinga tengah ke bagian belakang hidung. Tapi saat sebuah pesawat naik atau turun, tekanan pada telinga akan berubah.

Udara perlu melakukan perjalanan ke tabung Eustachi untuk menyamakan tekanan ini. Tapi bagi sebagian orang, tabung Eustachian tidak mudah dibuka, apalagi untuk bayi dan balita. Inilah sebabnya mengapa seseorang mengalami rasa sakit. Menjaga agar telinga tertutup adalah salah satu cara untuk menangkal rasa sakit telinga. Sebagai alternatif, Ibu juga bisa menggunakan bola kapas.

Baca juga: Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi

Berikan lollypop atau Permen: Jika balita menolak mengenakan topi atau syal untuk menjaga agar telinga tetap tertutupi, maka memberikan lollypop atau permen keras adalah pilihan terbaik berikutnya. Tindakan menelan yang diakibatkan oleh memakan permen akan  membantu tabung Eustachius untuk membuka dan membantu udara di telinga untuk melakukan perjalanan di telinga. Hal itu akan mampu mempertahankan tekanan telinga yang sama di telinga bagian luar dan dalam.

Cara agar Telinga Tidak Sakit Saat Naik Pesawat
Cara agar Telinga Tidak Sakit Saat Naik Pesawat

Menyusui Bayi:  Untuk alasan yang sama, pramugari biasanya akan meminta Ibu untuk menyusui bayi saat take off atau bahkan mendarat.  Menyusui merupakan cara agar telinga tidak sakit saat naik pesawat yang paling mudah. Tindakan menelan dapat membantu menjaga ketenangan bayi tanpa harus merasakan sakit di telinga.

Latihan sederhana: Beberapa anak yang lebih besar bisa diajarkan untuk melakukan beberapa latihan sederhana. Salah satunya adalah menahan lubang hidung dengan tangan agar tertutup, tutup mulut, lalu buka lubang hidung dan tiup udara melalui hidung. Sebagai alternatif, menjepit lubang hidung dan menelan pada saat bersamaan juga dapat membantu tabung Eustachius untuk mengisi dengan udara.

Gunakan penutup/penyumbat telinga: Ada penyumbat telinga yang dirancang untuk menutupi telinga dan melindungi orang dewasa serta bayi dari sakit telinga saat penerbangan.

Baca juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Blok hidung yang bening: Jika anak menderita pilek atau batuk pastikan Ibu membersihkan hidung sebelum naik. Hidung tersumbat bisa memperburuk keadaan dan bisa menjadi alasan kenapa telinga sakit saat penerbangan.  Jadi, berikan tetes hidung itu kepada anak sebelum terbang untuk membersihkan hidung dan untuk membantu mereka bernafas lega.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: