Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak : Umur 0-3 Bulan

Apakah si bayi 1 bulan sudah tidur? Setiap bayi butuh sedikit bantuan untuk bisa tidur nyenyak. Ada banyak cara agar bayi tidur nyenyak. Untuk Ibu, berikut  tip ampuh untuk untuk menenangkan bayi  umur 0-3 bulan sehingga si kecil bisa tidur lebih nyenyak.

Beberapa Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Kebutuhan tidur: Bayi yang baru lahir tidur sekitar 16-17 jam sehari (sayangnya tidak full di malam hari, sayangnya), kemudian kebutuhan itu berkurang sedikit menjadi  15 jam pada umur tiga bulan.

Berikut cara agar bayi tidur nyenyak, khususnya bayi umur 0-3 bulan.

Makanan

Menyusui merupakan cara agar bayi tidur nyenyak paling efektif. Ibu masih akan menyusu pada malam hari sampai paling tidak si bayi berusia 3-6 bulan, jadi cobalah untuk tetap tenang karena semua Ibu sering terbangun di malam hari untuk mengurus kebutuhan bayi akan ASI. Lakukanlah dengan cepat, karena itu akan membuat si kecil tidur lebih cepat sehingga Ibu juga bisa tidur. Seorang bayi akan merasa aman jika ia tahu bahwa ia akan mendapatkan ASI atau susu formula sesegera mungkin, karena itu ia cenderung bisa menenangkan dirinya agar biasa kembali tidur.

Terbangun untuk menyusui di waktu malam memang agak sulit bagi Ibu, tetapi tenang. Hal ini tidak akan berlangsung selamanya.

Periksa Bayi dengan Teliti

Ibu sudah menyusui si kecil tetapi dia masih saja tetap menangis? Maka periksa kondisi mereka dengan lebih teliti. Apakah mereka merasa dingin atau kepanasan? Apakah mereka butuh mengganti popok? Atau, apakah mereka terkena kolik?  (Ibu sering bias mengamatinya dari jeritan bernada tinggi, wajah merah dan kaki mereka yang ditarik)

Baca juga : Cara Mengatasi Kolik pada Bayi 6 Minggu

Peluk Bayi

Salah satu cara agar bayi tidur lebih nyenyak adalah dengan memeluknya. Memeluknya akan memberinya kenyamanan dan rasa hangat. Tetapi selalu coba untuk meletakkan bayi di tempat tidurnya, sehingga ketika mereka mengantuk, mereka bisa belajar untuk tidur sendiri. temani dan belai pipinya jika itu dibutuhkan.

Cobalah Membedung Bayi

Bayi yang baru lahir bisa merasa lebih aman saat terbungkus – baik dengan selembar kain atau selimut ringan atau menggunakan produk yang dibeli di toko. Ini sangat menakjubkan bagi beberapa bayi, jadi perlu dicoba.

Belaian di hidung

Kedengarannya agak gila, tapi belaian lembut  dari antara mata ke arah hidup bisa membuat si kecil rileks dan mendorong mereka untuk menutup mata.

Perhatikan ketika bayi menguap

Bayi yang baru lahir tidak bisa benar-benar terjaga selama lebih dari dua jam: jika Ibu melihat dengan seksama Ibu akan melihat mereka menguap dan mata mereka mungkin berkaca-kaca. Inilah saatnya untuk menjauhkan bayi dari lingkungan yang ribut/ merangsang.  Bawa dia ke tempat yang lebih tenang dan membiarkan si kecil tidur.  Jika Ibu mengabaikan isyarat mengantuk mereka, mereka bisa menjadi terlalu lelah dan rewel.

Baca juga: Bayi Baru Lahir Tidur Terus, Normalkah?

Letakkan bayi Ibu di atas kain muslin / selimut

Bayi 2 bulan susah tidur walau sudah diberi susu dan digendong?

Ketika menyusu atau dipeluk, beberapa bayi benci dipindahkan dari lengan yang hangat  ke tempat tidur yang dingin. Untuk menghindari bayi menangis, letakkan kain muslin selimut di bawah tubuh bayi saat Ibu menyusui atau memeluknya.

White Noise

Beberapa orang tua berkata bahwa menghidupkan mesin cuci atau penyedot debu di dekat tempat tidur bayi akan membuat bayi tidur lebih nyenyak. Hal ini terjadi kemungkinan karena suara-suara itu meniru suara kehidupan swooshy yang konstan di dalam rahim.  Selain dengan beberapa peralatan rumah tangga,  Ibu juga bisa membeli CD / aplikasi white noise.

Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak
Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Goyang

Ini pasti bekerja – baik di tangan Ibu atau di kursi goyang / goyang – tapi hati-hati! Cara ini biasanya berguna untuk bayi 2 bulan susah tidur, dan akan selalu membuat si kecil tertidur ketika cara-cara lain gagal. Tetapi jika dilakukan setiap saat, bayi kemungkinan akan ketagihan di goyang-goyang, sehingga tanpa itu, dia tidak bisa tertidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: