Bayi Gumoh Campur Darah

Bayi Gumoh Campur Darah? Ini Dia Penyebabnya

Gumoh merupakan masalah umum pada bayi. Bayi ASI biasanya gumoh berupa susu tipis, sementara bayi yang diberi susu formula biasanya mengeluarkan gumoh serupa dengan keju cottege. Tetapi jika bayi gumoh campur darah, maka itu patut diperhatikan. Beberapa hal bisa saja terjadi dan pada artikel ini, akan dibahas kenapa bayi gumoh darah.

Darah pada sistem pencernaan bisa menjadi salah satu masalah dan perlu mendapatkan perawatan. Namun Ibu jangan langsung panik jika mendapati bayi gumoh campur darah. Berikut beberapa hal yang bisa saja terjadi.

(Baca juga: Kenali Penyebab Gumoh pada Bayi )

Kenapa Bayi Gumoh Campur Darah?

Ada banyak alasan di balik bayi gumoh campur darah, tergantung tingkat keparahannya. Apakah hanya bercak kecil atau malah darah dalam jumlah banyak. sebagai pengetahuan dasar, berikut penjelasan kenapa bayi gumoh darah.

Puting Retak dan Sakit

Pada sebagian besar bayi ASI, darah yang dimuntahkan oleh  bayi biasanya berasal dari ibu,  bukan dari sistem tubuh bayi. Itu bisa terjadi ketika Ibu mengalami retak atau lecet di puting. Ibu menyusui, terutama Ibu baru sangat rentan mengalami iritasi pada puting, karena bayi yang belum bisa menyusu dengan posisi dan pelekatan sempurna.

Oleh bayi, darah itu akan tertelan. Nah, darah itu bisa mengiritasi perut dan keluar lagi ketika si kecil gumoh. Jika Ibu tidak melihat ada retakan pada puting, cobalah untuk memeras susu dan periksa apakah puting Ibu mengeluarkan darah.

Jika ternyata iya, maka berikan air putih pada bayi setelah menyusu agar darah bersih dari perutnya. Jika bisa, hentikan menyusui langsung selama beberapa hari, hingga puting sembuh. Ibu bisa memompa ASI dan berikan lewat botol. Atau Ibu bisa menggunakan pelindung puting yang tersedia di apotik, untuk menghindari iritasi pada puting selama menyusui.

Darah yang mengalir bersama ASI biasanya juga akan sampai di usus bayi. Karena itu jangan heran jika kotoran bayi juga menunjukkan adanya darah.

Jika Ibu tidak menemukan darah dari puting susu, atau jika bayi mengonsumsi susu formula dan Ibu masih menemukan darah pada kotoran atau gumoh bayi, maka bawa anak ke dokter.

Bayi Gumoh Campur Darah
Bayi Gumoh Campur Darah

Darah yang Tertelan saat Kelahiran

Ibu jangan khwatir jika bayi baru lahir gumoh darah.  Penyebabnya bisa jadi karena darah Ibu yang tertelan bayi selama proses kelahiran. Namun pastikan memberitahu dokter tentang hal itu.

Gumoh Paksa:

Dalam kasus yang jarang terjadi, bayi mungkin gumoh secara paksa, menyebabkan robekan kecil di pembuluh darah yang ada di esofagus. Jika penyebabnya adalah ini, Ibu tidak perlu khawatir karena menyembuhkan dengan cepat seiring waktu.

Esophagitis

Ini adalah peradangan yang merusak jaringan di kerongkongan, tabung otot yang mengantarkan makanan dari mulut ke perut.

(Baca Juga: Cara Cepat Mengobati Ruam pada Leher Bayi )

Kapan Ibu Harus Membawa Bayi ke Dokter?

Jika beberapa penyebab di atas bukan alasan kenapa bayi gumoh darah dan bayi gumoh bercampur darah ini juga masih berlangsung,maka Ibu harus membawa si kecil ke dokter.

Sampaikan dengan jelas tentang tanda dan gejala yang dialami bayi, apakah itu demam, sembelit, kolik, perut kembung atau yang lain. hal ini akan membuat bayi mengambil tindakan yang tepat.

Jika bayi mengalami gejala seperti muntah hijau, distensi abdomen, demam atau lesu, maka Ibu  perlu mencari perawatan medis dengan segera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: